DPRD, Penertiban Pengemis Jalan Harus Dilakukan Secara Persuasif

Suara Bojonegoro     Rabu, Desember 30, 2015    

Reporter : Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Pansus 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro mengapresiasi kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro dalam mengantisipasi gangguan kenyamanan masyarakat dalam merayakan pergantian tahun dengan melakukan razia terhadap pengamen yang sering mangkal dibeberapa tempat di Kota Bojonegoro. Rabu (30/12/15)

"Namun, penertiban harus secara persuasif karena Perda Penyelenggaraan Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat atau Trantib masih belum diundangkan," kata anggota pansus 3 DPRD Bojonegoro, Choirul Anam.

Menurutnya, tindakan persuasif bisa seperti himbauan pembinaan dan dikembalikan kepada keluarga karena rata-rata mereka (pengemis jalanan) bukan seorang gembel atau bukan anak orang yang tidak mampu/miskin namun mereka adalah anak yang kurang perhatian orang tua, kurang mempunyai pendidikan agama dan terutama salah dalam bergaul.

"Saat ini bisa pembinaan dahulu karena nantinya saat Perda Bojonegoro yang baru disahkan tahun ini tersebut juga mengatur denda," tambahnya.

Pria yang sering disapa Irul ini menjelaskan Peraturan Daerah (Perda) Penyelenggaraan Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur saat ini sudah dikirim kepada Gubernur Jatim, Soekarwo dan setelah dari Gubernur baru akan dibuatkan Peraturan Bupati (Perbup) selanjutnya disosialisasikan dan lain sebagainya. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .