Kenalkan Sejarah Muda Kepada Generasi Muda 30 Desember 2015

Suara Bojonegoro     Kamis, Desember 31, 2015    



suarabojonegoro.com -  Ingatkah pidato terakhir presiden republik indonesia , Ir Soekarno.  Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah...hal ini pula mungkin pas dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang menggelar sarasehan sejarah Bojonegoro dan laporan hasil Tim Ekspedisi penelusuran jejak sejarah Bojonegoro serta dialoq inspirasi Bojonegoro. Kamis (31/12) pagi tadi di Ruang Angling Dharma Kantor Pemkab Bojonegoro.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Bojonegoro, Amir Sahid mengungkapkan bahwa kegiatan sarasehan ini diikuti oleh guru sejarah di jenjang pendidikan SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu peserta adalah pelajar yang merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Narasumber, lanjut Amir Syahid adala KH Zaenuri Al Yusak Mustarom Imam Masjid besar nurul huda Ngimbang Lamongan. Selain itu juga akan disampaikan tentang hasil ekpedisi penelusuran jejak sejarah Bojonegoro oleh Tim Ekspedisi. Harapan terbesar adalah bagaimana generasi muda Bojonegoro mengetahui tentang sejarah Bojonegoro dari masa ke masa.

Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono, MM dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak. Pengenalan sejarah Bojonegoro kepada kaum muda yakni pelajar dinilai sangat tepat. Apalagi banyak kaum muda yang kini tidak mengenal akan budaya dan sejarah bangsa sendiri. Untuk Bojonegoro ini ada sejarah tentang Angling Dharma dan Kerajaan Malwopati yang sampai saat ini masih ada beragam cerita. Namun sejarah itu bisa dikaji dan dilakukan riset untuk mengetahui kebenaran sejarah tersebut.

Di sekolah seyogyanya tak hanya diajarkan tentang sejarah dunia dan sejarah nasional namun disisipkan pula sejarah lokal masing-masing daerah. Harus diingat bahwasannya mengetahui sejarah itu sangat penting. Karena dengan sejarah itu kita bisa instropeksi diri sekaligus pengalaman yang sangat berharga.

Dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan buku laporan hasil penelusuran jejak sejarah Bojonegoro oleh Tim Ekspedisi yang diserahkan oleh Qohar Mahmudi Kepada Wakil Bupati Bojonegoro. Selanjutnya penyerahan buku inspirasi Bojonegoro yang disusun oleh Djanggleng Institute yang diserahkan oleh Anal Abdul Qohar kepada Wakil Bupati Bojonegoro. (Humkab/Widya)


© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .