2016, Awal Tepat Gairahkan Perubahan

Suara Bojonegoro     Selasa, Januari 05, 2016    

Oleh : Heri Kiswanto

Berbicara tahun baru, erat kaitannya soal sejarah dan masa depan yang ditandai goresan tinta atau torehan melalui usaha dan cara. Dalam mengawali tahun baru 2016 ini, impian supaya Indonesia lebih baik.

Membutuhkan kerja keras, waktu, fikiran dan tenaga ekstra untuk dapat meraih hal besar tersebut mewujudkannya menjadi nyata. Pasca era orde baru reformasi birokrasi sangat terwadahi dengan adanya kebebasan menyampaikan aspirasi, keluhan pelayanan dan sebagainya. Menyoal hal tersebut, masih terdapat pelayanan daerah yang kurang maskimal.

Sehingga perlu terobosan dan monitoring, serta pentingnya menanamkan sikap sadar hukum harus diperhatikan. Sebab, tak jarang praktek pungli (pungutan liar) yang tidak dianjurkan oleh negara terjadi.

Hal lain yang membutuhkan pengawasan langsung yaitu, pengelolaan sumber daya dan gas bumi. Yakni melalui aturan pengelolaan sesuai prosedural lembaga yang transparan dan baik. Mestinya mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi dari daerah ke pusat secara berkesinambungan.

Terlebih di wilayah yang berpredikat (BUMN/BUMD) rawan konflik sosial dan kerusuhan. Kembali lagi, mengobarkan semangat reformasi '98 harusnya dapat kita jadikan pedoman, agar pencapaian mewujudkan instansi “good governance” bisa terwujud.

Terutama menyangkut etika pejabat dan politisi di lingkup pemerintahan yang akhir-akhir ini sempat mencederai kepercayaan publik, mampu bijak dan menjaga profesionalitas kerja. Menggairahkan semangat perubahan sebenarnya tidak hanya terlihat pada pelayanan dan pertumbuhan perekonomian semata.

Bagi pemuda, bijak berteknologi dan menjaga interaksi sosial perlu dipelihara dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Demi menggalakan gotong royong dan solidaritas pemuda saat ini menggelora kembali.

Namun inti dari Resolusi (keinginan) di tahun baru 2016 bukan terletak pada seorang pimpinan atau kepala negara, maupun kepala daerah saja. Tetapi tanggung jawab kita bersama sebagai generasi muda ikut melaksanakan gairah perubahan dimulai dari diri sendiri dan kerja keras bersama-sama menggagas ide, bahkan tindakan yang mencerminkan perubahan itu sendiri.

Bubuhan tinta catatan tahun 2015, merupakan cerminan sikap dan introspeksi diri dalam mengawali perjalanan panjang menentukan arah tahun 2016, agar kedepannya berkembang dan maju disertai do’a, harapan maupun kerja keras. Supaya kemajuan Indonesia bisa segera terwujud serta lebih produktif lagi. Amin.

*) Penulis adalah Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Hp : 087859786626

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .