BPD Tidak Ingin JOB PPEJ Bebaskan Lahan Penambahan Sumur Bertameng Buffer Zone

Suara Bojonegoro     Selasa, Januari 05, 2016    

Reporter : Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Campurejo Kecamaan Kabupaten Bojonegoro tidak ingin lahan kurang lebih 2 hektare di sekitar pengeboran sumur PAD A milik Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) yang saat ini tidak bisa tertanami tanaman dibebaskan operator dengan alasan/tameng untuk buffer zone. Selasa (5/1/16)

"Jangan saat pembebasan dikatakan untuk buffer zone namun setelah dibebaskan ternyata untuk penambahan sumur. Jangan terjadi seperti itu," kata BPD Campurejo, Agus Susanto.

Menurutnya hal tersebut sudah sering dilakukan oleh operator melakukan skenario pembebasan lahan untuk buffer zone tapi belakangan menjadi penambahan sumur karena seperti yang diketahui sebentar lagi sumur PAD B tidak beroprasi setelah pengaktifan RSUD Veteran sehingga kemungkinan akan ada penambahan sumur di PAD A.

"Sampai saat ini buffer zone belum ada padahal itu sangat diperlukan untuk penyangga lingkungan akan tidak berdampak langsung," tambahnya.

Terpisah, Sekertaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro, Agus Hariana menambahkan jika buffer zone adalah tanaman disekitar pagar perusahaan area kegiatan yang diperuntukan untuk melindungi/­penyaring agar dampak kegiatan tidak langsung keluar dari area perusahaan.

"Buffer zone katanya akan dilakukan dimusim penghujan tahun ini, akan kami tagih kembali pihak operator (JOB-PPEJ)," tandasnya. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .