Brigade Alsintan Untuk Tingkatkan Swasembada Pangan

Suara Bojonegoro     Rabu, Januari 13, 2016    

Reporter: Agus Suseno

SuaraBojonegoro.com -Salah satu langkah yang sangat signifikan di bidang pertanian dalam upaya pencapaian swasembada pangan yang diambil oleh Kementerian Pertanian RI yaitu dengan memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Kodim 0813/Bojonegoro yang nantinya Alsintan itu akan digunakan oleh Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Alsintan tersebut telah diterima hari ini dan disimpan di Aula Ahmad Yani Makodim 0813/Bojonegoro, Rabu (13/01/2016).

Adapun bantuan Alsintan dari Kementrian Pertanian sebanyak 10 unit Pompa Air, 5 unit hand traktor dan 5 unit Transplanter, dan masih ada lagi Alsintan yang belum datang yaitu 1 unit Excavator mini dan 1 unit traktor roda 4.

Nantinya seluruh Alsintan tersebut akan menjadi tulang punggung Brigade Alsintan Kodim 0813/Bojonegoro.

Dengan bantuan Alsintan itu diharapkan akan dapat membantu para petani dalam percepatan pengolahan tanah dan proses penanaman. 

"Dengan pengerahan Brigade Alsintan ini, diharapkan dapat membantu petani dalam hal pengolahan lahan dan penanganan panen, sehingga akan berdampak pada peningkatan produksi yang signifikan, cepat dan tepat guna yang pada gilirannya akan mewujudkan Swasembada Pangan di Kabupaten Bojonegoro, terutama padi" demikian dijelaskan oleh Dandim 0813/Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas kepada awak media di Makodim 0813/Bojonegoro.

Lebih lanjut, Dandim 0813/Bojonegoro mengatakan, bahwa secara nasional pembangunan sektor pertanian akan terus dipacu, yaitu melalui Program Swasembada Pangan yang dilaksanakan serentak dalam waktu 3 tahun yang dimulai sejak awal tahun 2015.

"Upaya ini harus mendapat dukungan dari semua pihak, terutama petani yang harus diberikan kemudahan dalam mengolah lahan pertanian, sehingga target dapat tercapai" jelasnya mengakhiri wawancara. (Gus)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .