Bupati Suyoto: Kutukan Sumber Daya Alam Jangan Sampai Menimpa

Suara Bojonegoro     Jumat, Januari 08, 2016    

Reporter: Nella Rachma

SuaraBojonegoro.com -Siapa yang tidak tahu jika Bojonegoro memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa yakni minyak dan gas bumi.

Namun sudah banyak cerita dan contoh daerah-daerah penghasil minyak berakhir menyedihkan dan hanya meninggalkan tonggak tonggak sisa kejayaan kekayaan sumber daya alam. Hal ini pula yang mendasari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melawan kutukan sumber daya alam ini, berbagai upaya dilakukan salah satunya adalah dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Salah satu pondasi untuk meningkatkan SDM adalah dengan dana abadi migas untuk mencetak generasi Bojonegoro yang handal dan mumpuni. "Kutukan sumber daya alam ini jangan sampai menimpa Bojonegoro. Oleh karenanya berbagai program dilakukan salah satunya dengan mencetuskan gagasan dana abadi migas," Papar Bupati Suyoto. Uang dari minyak ini dikelola dan diinvestasikan untuk membangun manusia Bojonegoro.

Diibaratkan bisa saja pendapatan sektor migas itu kita habiskan saat ini dengan membangun infrstruktur yang megah dan mega proyek. 

Menurut Bupati Suyoto, ada pertanggungjawaban moral kepada generasi mendatang yakni anak dan cucu kita. Bagaimana nasib mereka? Rasanya tidak mungkin hanya akan meninggalkan cerita kejayaan migas dan bangunan-bangunan sejarah tentang industri minyak di tanah kita tercinta ini.

"Pilihan untuk menginvestasikan bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia ini adalah pilihan terbaik sekaligus amanah demi masa depan generasi dimasa mendatang," Terang Suyoto. (Ney)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .