DPD KNPI Bojonegoro Gelar Dialog Pelestarian Bengawan Solo

Suara Bojonegoro     Minggu, Januari 31, 2016    

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menggelar dialog lingkungan hidup dengan tema menggagas format pelestarian bengawan solo sebagai upaya obyek vital kehidupan bangsa. Acara berlangsung diruang pertemuan hotel MCM Jalan Pemuda Bojonegoro. Minggu 31/01/2016.

Dalam sambutannya Bupati Bojonegoro Suyoto mengatakan jika jembatan yang ada disepanjang aliran bengawan solo di Kabupaten Bojonegoro seperti jembatan Malo, Jembatan Kaliketek dan yang baru dibangun jembatan Kasiman bisa berbahaya jika tidak segera diamankan dari penambangan pasir.

"Maka jika penambangan pasir dibiarkan, uang APBD yang dikumpulkan untuk membangun jembatan akan sia-sia karena dirusak oleh masyarakat sendiri," kata Kang Yoto sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Sementara itu, ketua DPD KNPI Bojonegoro Anam Warsito mengatakan jika terselenggaranya acara ini karena misi dari kabupaten Bojonegoro yang akan menjadi lumbung pangan negeri dan lumbung pangan sendiri sangat bergantung dari bengawan solo yang petani disepanjang aliran tersebut mampu panen tiga kali dalam setahun. 

"Bagaimana agar masyarakat bisa mempunyai rasa untuk saling memiliki bengawan solo sehingga tidak merusaknya karena keberadaan bengawan sendiri sangat memiliki manfaat besar bagi masyarakat," tambhanya.

Pantuan dilapangan acara dihadiri Kanggota DPD KNPI Bojonegoro, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Besar Bengawan Solo, Walhi Indonesia, camat yang wilayahnya ada disepanjang bengawan solo dan beberapa SKPD terkait. (Ney)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .