Dua Nama Eks Anggota Gafatar Bojonegoro Belum Ada Kejelasan Pemulangannya

Suara Bojonegoro     Jumat, Januari 22, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Dua nama warga Bojonegoro, yang beredar di Media Sosial, terkait daftar nama nama eks Anggota Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara), yang di pulangkan dari Desa Moton, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) akibat pemukimannya di bakar warga, hingga saat ini belum ada penjelasan dari Pemkab Bojonegoro, soal penjemputan atau pemulangan kedua orang tersebut

Dinas Ketenagakerjaan, Tramsnigrasi dan Sosial, melalui Kepala Dinasnya, Adi Witjaksono, membenarkan ada dua nama dari warga Bojonegoro yang dipulangkan dari pemukiman mantan anggota eks Gafatar, namun hal itu di nyatakan bahwa bukan wewenang pihaknya untuk melakukan proses penjemputan atau pemulangan.
 
"Iya, itu bukan wewenang kami," kata Adi Witjaksono saat dihubungi suarabojonegoro.com

Sementara itu, dari pihak Bakesbangpolinmas, juga menyatakan bahwa sampai saat ini pihaknya belum ada surat atau laporan, dari pihak manapun, terkait dua nama yaitu Ikhsan dan Endang yang disebut sebagai mantan anggota Gafatar yang dipulangkan.

"Sampai saat ini belum ada laporan atau himbauan dan petunjuk apapun dari Propinsi," kata Kusbiyanto, Jum'at (22/1/16).

Sebelumnya diberitakan bahwa sekitar 1.117 mantan anggota Gafatar di Desa Moton, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar) terusir, dan dipulangkan lantaran permukiman mereka dibakar warga Selasa 19 Januari kemarin.

Pemerintah menyebut, ada sekitar 1.117 mantan anggota Gafatar di Kalbar harus dievakuasi, karena penolakan warga sekitar. Mereka akan pulangkan ke kampung halaman masing-masing. (Ang/Red)

Foto: pemulangan mantan anggota Gafatar (nasional.tempo.co)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .