Eks Gafatar Asal Bojonegoro Dapat Santunan Rp 2,5 Sampai 5 Juta

Suara Bojonegoro     Senin, Januari 25, 2016    

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Sebanyak 11 orang mantan anggota pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Bojonegoro yang tadi pagi dipulangkan ke keluarga masing-masing, Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro memberikan santunan berupa uang tunai sebesar Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta.

"Rp 2,5 bagi mereka yang masih memiliki rumah dan Rp 5 juta bagi mereka yang sudah tidak memiliki rumah tinggal di Bojonegoro untuk menjalani hidup," kata Bupati Bojonegoro, Suyoto. 

Menurutnya sebelum dipulangkan kepada keluarga, kesebelas masyarakat asal Bojonegoro yang dipulangkan dari penampungan Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat mendapay pendampingan dari tim Sapa Keluarga Dengan Kasih (Sagasih) untuk diberikan pembinaan dan pencerahan agar dapat memulihkan trauma paska kejadian yang telah menimpanya sekaligus guna menyiapkan mental dan psikologis sebelum ketengah masyarakat. 

"Setelah ditampung di salah satu hotel milik Pemkab Bojonegoro Griya Dharma Kusuma (GDK) kesebelas masyarakat dijemput Camat dan Kepala Desa daerah asal untuk diserahkan kepada keluarga," tutur Kang Yoto sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Seperti yang diketahui kesebelas mantan anggota eks Gafatar diantaranya empat berasal dari Kecamatan Tambakrejo, lima Kecamatan Sumberrejo, satu Kecamatan Kapas dan satu Kecamatan Kasiman. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .