Harga Gabah Turun, Harga Beras Masih Tinggi

Suara Bojonegoro     Selasa, Januari 26, 2016    

Reporter: Agus Suseno

suarabojonegoro.com - Musim hujan yang mulai turun secara deras dan merata, membuat harga gabah kering sawah, mulai turun sejak beberapa hari kemarin, adapun harga gabah saat ini mencapai Rp 4.200 perkilogramnya yang dibeli tengkulak langsung dari petani atau penebas gabah, dari harga sebelumnya adalah Rp 4.600 perkilogramnya.

Turunya harga gabah ini disebabkan kwalitas gabah yang menurun, karena kadar airnya meningkat, "Gabah kering sawah ini sekarang kadar airnya tinggi akibat basah karena hujan, sehingga kita juga tidak mau rugi dan harus menurunkan harga gabah," kata tengkulak Gabah Jumariyanto, Senin (25/1/16).

Namun dengan penurunan harga gabah ini tidak memperngaruhi harga beras yang masih tinggi, yaitu sampai saat ini masih seharga Rp 9.000 untuk jenis Jerang, Ir dan 64.

Tingginya harga beras ini menurut Jumariyanto yang juga tengkulak beras mengatakan dikarenakan cuaca yang redup dan sering hujan, sehingga menyebabkan proses pembuatan beras masih sulit.

"Biasanya kalau cuaca panas akan memperngaruhi harga beras bisa turun, karena prosesnya mudah," jelas Jumariyanto. (Gus/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .