JIM, Sebar Informasi & Potensi Desa Melalui Internet

Suara Bojonegoro     Rabu, Januari 27, 2016    

Reporter: Sulistya Windya

suarabojonegoro.com -Penyebaran informasi Desa terhadap maayarakat luas memang sudah layak dan patut dilakukan seiring dengan berkembangnya teknologi digital, seperti pembahasan dalam Kegiatan seminar menulis kreatif di era digital yang dilaksanakan Jaringan Informasi Masyarakat (JIM) di Pendapa Malowopati Pemkab Bojonegoro, Rabu (27/1/16). 

Direktur Lembaga Informasi dan Komunikasi Masyarakat Banyuurip Bangkit (LIMA 2B),  Mugito Citrapati mengungkapkan, program JIM diharapkan dapat terus merambah luas di desa lain. Bahkan hingga sekup nasional dan menjadi JIM Indonesia. "Kami akan berupaya maksimal untuk terus berkembang," kata dia dalam sambutannya.

Asisten II Pemkab Bojonegoro, Setyo Yuliono menyatakan dukungannya atas terbentuknya JIM Bojonegoro. Menurutnya, JIM sejalan dan mendukung program yang sedang dijalankan pemkab Bojonegoro.Khususnya Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo). 

"Banyak juga yang sejalan dengan program Kominfo,"ujarnya.

Hanya saja, yang mengesankan adalah JIM bergerak dalam bidang promosi potensi desa. Dia mengungkapkan, saat ini Bojonegoro memang perlu banyak dituliskan sekaligus dipromosikan. 

"Yang lagi trend sekarang adalah wisata atas angin," imbuhnya.

Juru Bicara dan Humas ExxonMobil mengatakan program ini sudah mulai dijalankan s‎ejak tahun 2008 melaui papan informasi di wilayah operasi EMCL.‎ "Papan itu meskipun sederhana tapi sangat efektif," kata Rexy.

Seiring perkembangan teknologi, papan informasi dikembangkan menjadi JIM sebagai bentuk sarana komunikasi hingga jalur promosi. ‎‎Seperti halnya media sosial yang saat ini terus berkembang.

"JIM sudah banyak yang akses,‎ sayang jika dimanfaatkan untuk potensi desa," imbuhnya. 

Dihadirkan sebagai narasumber adalah dari perwakilan SKK Migas Avicena Darwis, ‎Yuniari Nukti dari, Komunitas Emak Blogger Surabaya, dan‎ Soepriyanto dari Relawan TIK Banyumas dan Aktivis Gerakan Desa Membangun / GDM. (Wind)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .