Jual Pupuk Bersubsidi, Warga Kepohbaru Digerebek Polisi

Suara Bojonegoro     Selasa, Januari 12, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com -  Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Bojonegoro, berhasil menggerebek Gudang di Dusun Jatitengah, RT 36 RW 07 Desa Pejok, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro, yang digunakan untuk menempatkan Pupuk bersubsidi pemerintah, yang dijual oleh seorang warga dan bukan keperuntukannya, Selasa (12/1/16). 

Penggerebekan yang dilakukan pada hari Senin sekitar jam 16.00 WIB kemarin, digudang milik Hj MT (50), dengan pemilik dan tersangka adalah Hj. MT sendiri.

Kasubag Humas Polres Bojonegoro AKP Basuki Nugroho, menyebutkan bahwa pelaku ini diduga telah memperjual belikan pupuk bersubsidi pemerintah dan pelaku bukan sebagai kios/pengecer pupuk yang ditunjuk pihak Petrokimia Gresik atau Distributor.

"Sebelumnya anggota Reskrim mendapatkan informasi dari masyarakat jika tersangka memperjual belikan pupuk bersubsidi pemerintah," terang AKP Nugroho Basuki.

Polisi yang melakukan penggeledahan digudang milik tersangka dan ditemukan pupuk bersubsidi pemerintah sebnyak 8 Ton dengan jenis ZA sejumlah 63 zak, SP-36 berjumlah 17 sak, dan pupuk jenis UREA sejumlah 79 sak.

"Berdasarkan ketrangan Hj. MT, bahwa pupuk tersebut didapatkan dari Rembang Jawa Tengah dengan cara menghubungi dengan telepon, kepada penyalur," tambah Kasubag Humas Polres Bojonegoro.

Pelaku Hj MT mengaku tidak bertemu dan tidak kenal dengan penyalur, kemudian Hj. MT menjual pupuk ZA dengan harga Rp 95 Ribu, urea dengan harga Rp 125 ribu, SP36 dengan harga Rp 130 ribu, dan harga harga pupuk tersebut tidak sesuai HET (harga eceran tertingi).

Adapun semua Barang bukti berupa pupuk yang berada digudang Hj. MT, dan tersangka dijerat Pasal 30 ayat (3) permendag nomor : 15/M-DAG/PER/4/2013 Tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi jo pasal 6 ayat (1) huruf b UUD No.7 tahun 1955 tentang pengusutan, penuntutan dan peradilan tindak pidana ekonomi dengan ancaman 3 tahun penjara. (Ang/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .