Kejari Kantongi Nama Calon Tersangka Korupsi PNPM Bubulan

Suara Bojonegoro     Sabtu, Januari 09, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

SuaraBojonegoro.com -Setelah dilakukan pennyidikan oleh Tim Jaksa Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro, atas Kasus PNPM-MPD (progran Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan), akhirnya diketahui ada satu nama Calon Tersangka Atas dugaan Korupsi Dana simpan Pinjam PNPM-PMD Bubulan, Bojonegoro. 

Munculnya Calon Tersangka ini disampaikan oleh Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Bojonegoro, Erwin Iskandar, bahwa dari hasil ekspose perkara dikantor inspektorat Bojonegoro bahwa ada indikasi kuat dugaan korupsi sebesar, Rp. 1.2 Miliar atas dugaan Penyelewengan dana bergulir di UPK Bubulan.

"Meskipun ada satu nama tapi tidak menutup kemungkinan ada Tersangka lain, dan penetapan tersangka ini akan kami lakukan setelah tim penyidik nmenerapkan kerugian Negaranya," Kata Erwin Iskandar.

Dijelaskan juga ada 54 kelompok fiktif dari hasil pemeriksaan oleh mantan penguru UPK yang diketahui berinisial PE dan LF, yang sengaja di buat untuk menggulirkan dana simpan pinjam ini dan sosok LF ini diduga ikut dalam pembuatan 6 kelompok fiktif.

Dari 54 kelompok fiktif ini, sebagai penerima dana bergulir, dengan rincian dana digulirkan kepada 49 kelompok fiktif, yang digunakan menutup tunggakan kelompok dan ada 6 kelompok yang dananya digunakan untuk kepentingan pribadi. 

"Nama nama kelompok fiktif ini diduga diambilkan dari nama keluarga atau famili yang sengaja dibuat oleh pelaku," Pungkas Erwin. (Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .