Kuliner Ekstrim, Belalang Hutan Rasanya Mirip Udang

Suara Bojonegoro     Sabtu, Januari 30, 2016    

suarabojonegoro.com - Bagi warga Bojonegoro, khususnya yang akrab dengan kawasan hutan jati, olahan menu yang termasuk ekstrim ini merupakan hal yang tak lagi baru. Belalang hutan, hewan yang banyak dijumpai di kawasan hutan jati ini menjadi salah satu menu musiman di Bojonegoro.

Mengolahnya sederhana, cukup digoreng dengan bumbu kecap dan lombok, maka kuliner yang satu ini siap untuk dimakan, baik sebagai camilan maupun untuk dijadikan lauk teman makan nasi. Saat musim panas, untuk mendapatkan belalang berwarna coklat ini, para pencari belalang harus menangkapnya satu persatu di dalam hutan.
Namun, saat musim penghujan tiba, maka belalang-belalang ini akan dapat dijumpai di ladang-ladang jagung di tepian hutan. “Kalau langsung dari pencarinya, harga belalang hidup hanya sekitar Rp 25ribu per kilonya,” ujar Timbul, pencari belalang di kawasan Kecamatan Sekar.
Rasa belalang yang sudah matang, mirip dengan udang, namun mempunyai tekstur yang lebih renyah. Saat ini, para pencari belalang di wilayah selatan Bojonegoro mengaku bahwa ukuran belalang hasil tangkapannya relatif lebih kecil dari beberapa tahun yang lalu.
Terkadang, perburuan belalang menjadi hiburan tersendiri bagi anak-anaka tepian hutan, namun saat musim penghujan, perburuan belalang hanya menjadi pekerjaan sampingan bagi orang dewasa. “Kebanyakan sekarang kalau mencari belalang hanya malam hari,” tambahnya.
Selain dijual langsung di tepian hutan, para pencari belalang juga menjualnya dalam bentuk setengah jadi dan olahan. “Untuk yang sudah dibersihkan, kami hargai 35 ribu Rupiah per kilogramnya. Untuk yang sudah matang, harganya 40 ribu per kilogramnya,” tambah Timbul.
Belalang hutan yang matang, sangat mudah dijumpai di warung-warung sekitar kawasan hutan. Meskipun rasanya gurih dan menyerupai udang, namun bagi yang mempunyai alergi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi belalang goreng ini. (eksposa)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .