Malo Harus Ada Tata Kelola Lingkungan Yang Lebih Baik

Suara Bojonegoro     Jumat, Januari 15, 2016    

Reporter: Agus Suseno

suarabojonegoro.com - Adanya pengelolaan Sumur Tua yang menghasilkan minyak mentah di wilayah kecamatan Malo, Bojonegoro, sangat berdampak dengan kerusakan lingkungan, dibeberapa wilayah, yang digunakan pertambangan minyak sumur tua.

Hal itu disampaikan oleh Camat Malo, Gunawan saat bertemu dengan suarabojonegoro.com usai rapat di Kantor Pemkab Bojonegoro, diantaranya adalah kerusakan beberapa sungai yang mengalami pendangkalan akibat longsoran tanah karena adanya pengeboran minyak, Jum'at (15/1/16).

"Saya ada keinginan tata kelola yang lebih baik dalam pengelolaan sumur, masalah kerusakan lingkungan, keruskan infranstruktur dan jalan," kata Gunawan.

Harusnya ada tanggung jawab dari pihak pihak pengelola minyak antara KUD dan Pertamina, namun hal itu sering ada lempar tanggung jawab ketika siapa yang sebenarnya harus bertanggung jawab adanya kerusakan lingkungan.

"Sampai saat ini kerusakan lingkungan berada di wilayah hutan, dan memang pernah dilakukan pembersihan sungai oleh pihak Dinas Pengairan, namun kerusakan bisa terjadi lagi dengan adanya pendangkalan," tambah Gunawan.

Sementara itu kerusakan jalan poros Kabupaten ada diruas jalan Desa Tambak Romo, menuju Kecamatan Kasiman, yang melintas dari kawengan dari Wonocolo, harusnya pertamina juga harusnya juga menjadi tanggung jawab bersama, akan tetapi pada tahun 2016 ini sudah dianggarkan perbaikannya melalui APBD 2016. (Gus/Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .