Minggu Depan Kilang TWU Ditutup

Suara Bojonegoro     Kamis, Januari 14, 2016    

Reporter: Nella Rachma

SuaraBojonegoro.com -Kilang minyak milik Tri Wahana universal (TWU) akan di tutup mulai tanggal 20 Januari 2016, kabar penutupan ini disampaikan langsung oleh Rudy Tafinos Founder dan Ceo TWU saat menghadap Bupati Bojonegoro dirumah dinas Bupati Bojonegoro. Kamis 14/01/2016.

Dalam pertemuan tersebut, Rudy menyampaikan bahwa adanya kebijakan SKK Migas yaitu tiga kegiatan yang dilaksanakan dilapangan Banyu Urip antara lain CPF, EOE dan EPF.

Dua kegiatan EPF dan EOE akan ditutup 15 Januari besok sehingga hanya CPF yang dijalankan sehingga dengan adanya tersebut pihaknya akan menutup kilang minyak miliknya.

Namun, pihaknya (TWU) siap menerima crude oil dari CPF akan tetapi ada permasalahan karena TWU diminta oleh PEPC membeli minyaknya dengan harga di FSO Gagak Rimang sedangkan selama ini TWU membeli minyak di mulut sumur sehingga sangat tidak logis jika TWU membeli dengan harga di FSO karena cost transportation harus ditanggung oleh TWU.

Selain itu, Rudi menjelaskan terkait beberapa hal yang perlu diluruskan terkait pemberian diskon harga minyak mentah kepada PT TWU, pihaknya membantah keras terkait hal tersebut karena kenyataanya pihaknya membeli dengan harga dari mulut sumur sedangkan peraturan saat ini mengharuskan TWU membeli di FSO Gagak Rimang sehingga pihaknya merasa keberatan. Lebih lanjut, dampak langsung atas penutupan kilang minyak TWU adalah 120 armada yang berhenti sehingga mengakibatkan 200 sopir dan kenek menganggur.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro Suyoto menyampaikan bahwa dengan dengan berhentinya TWU maka Bojonegoro akan merasakan dampak nyata dan merugi seperti tenaga kerja yang selama ini bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, pengembangan SDM di Bojonegoro akan lambat dan perekonomian di Bojonegoro khususnya pengusaha lokal akan mengalami nasib serupa.

"Hal lain yang harus diwaspadai adalah suplai lokal yang selama ini tidak tercukupi oleh Pertamina yang selama ini dihandle oleh TWU akan berhenti," paparnya. (Ney)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .