Parade Tuna Netra Putari Alu-Alun Tuban, Peringati Pertuni ke 50

Suara Bojonegoro     Minggu, Januari 24, 2016    

Tuban-suarabojonegoro.com - Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Pusat mengadakan Parade Tongkat Putih di Kabupaten Tuban. Parade Tongkat Putih dilakukan estafet dari Surabaya sampai Jakarta, pada pukul 9 pagi di Taman Bungkul Surabaya lalu diteruskan di Alun-alun Tuban dan akan disambung ke Semarang hingga sampai Jakarta. Rute di hari ulang tahun pertuni yang ke 50 tahun ini, dengan mengitari mulai dari Pendopo Krido Manunggal Tuban dengan memutari Alun-alun dan kembali ke Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Terdapat 70 Peserta yang mengikuti parade yang tergabung dari beberapa Kabupaten seperti Lamongan dan Bojonegoro. Menurut Aria Indrawati, Ketua Umum Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Pusat mengatakan bahwa tujuan parade tersebut untuk memberi pesan-pesan kepada Masyarakat dan Pemerintah agar selalu memperhatikan dan memberi ruang seperti Manusia normal.

"Kami ingin nantinya kita diperlakukan sebagai subjek di Masyarakat sehingga dapat bekerja sebagaimana orang umumnya dan nantinya kami diberi keterampilan, pendidikan sehingga kami dapat berkarya di Masyarakat", ujar Aria, Minggu 24 Januari 2016.

Aria juga berharap kegiatan tersebut menjadi langkah awal agar tuna netra bisa lebih baik dan maju seperti di tempat yang lain dan di perhatikan oleh Pemerintah setempat.

"Semoga ini menjadi langkah awal agar tuna netra bisa lebih baik dan maju seperti di tempat yang lain dan bermanfaat untuk Masyarakat", lanjutnya. 

Terpisah, salah satu peserta parade, Toni mengatakan bahwa kegiatan Parade Tongkat Putih sangat positif sebab menyadarkan Masyarakat agar selalu memerhatikan orang yang terkena tuna netra.

"Kegiatan ini sangat positif sebab membuat Masyarakat yang mempunyai anak tuna netra tidak minder dan agar selalu memerhatikan orang yang terkena tuna netra, harapanya kegiatan ini membawa hasil yang baik dan orang tuna netra dapat diperhatikan lagi", ujar Toni. (rur) 



Suarapos.com
Foto: world.in.news.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .