Penderita HIV/AIDS 2015, 186 Kasus, Meninggal 25 Orang

Suara Bojonegoro     Sabtu, Januari 09, 2016    

Reporter: Anggoro

SuaraBojonegoro.com -Disampaikan oleh kepala Staf Penanggulangan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syindrome) Bojonegoro, Johni Nur Hariyanto, bahwa penderita HIV/AIDS Bojonegoro pada tahun 2015 Sebanyak 186 Kasus dan 25 orang meninggal dunia atas kasus tersebut. Sabtu (9/1/16).

Dan ini merupakan jumlah peningkatan dibanding tahun 2014 lalu, tercatat 132 kasus dan meninggal 37 orang, "Kebanyakan peningkatannya ini di dominasi oleh ibu ibu rumah tangga," Kata Johni. 

Dari kebanyakan penderita HIV/AIDS ini banyak juga ditemukan di tiga kecamatan di Bojonegoro, yaitu, Kalitidu, Baureno dan Dander, dengan harapan untuk menanggulanginya Perda (Peraturan Daerah) tentang HIV AIDS bisa segera di sahkan.

Untuk melakukan penanggulangan terhadap penyebaran HIV/AIDS di Bojonegoro, relawan Aliasni Pita Merah Bojonegoro berupaya terus melakukan sosialisasi pencegahan penularan dan penyebaran dengan berbagai sosialisasi.

"Kami terus melakuka sosialisasi diberbagai wiayah yang rawan penyebaran HIV/AIDS," Kata M Yazid Ketua Aliansi Pita Merah.

Dengan membentuk komunitas ODHA (Orang dengan HIV/AIDS) serta melakukan pendampingan diharapkan akan mampu melakukan pencegahan.

"Memang harus sabar dan secara terus menerus, sehingga upaya pencegahan untuk mengurangi penderita dari penularan HIV/AIDS dapat dilakukan," Pungkas Yazid. (Ang)


Foto Ilustrasi: tobasatu.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .