RSUD Overload, Puskesmas Mampu Layani 194 Pasien Rawat Inap

Suara Bojonegoro     Rabu, Januari 27, 2016    

Reporter: Sulistya Windya

suarabojonegoro.com -Ketika RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Sosorodoro Djatikusumo, Bojonegoro, mengalami Overload, dan banyak dikeluhkan pasien karena tak mendapatkan kamar rawat inap, sementar Puskesmas Di Bojonegoro, saat ini dikalim oleh Pemkab Bojonegoro mampu melayani 194 pasien Rawat Inap.

Seperti yang dirilis Oleh Humas dan Protokoler Pemkab Bojonegoro, bahwa dari  24 puskesmas di Kabupaten Bojonegoro telah melayani pasien rawat inap dan mampu menampung kurang lebih 194 pasien.

Dr. Suharto  salah satu Kabid di Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa puskesmas kita mampu melayani pasien rawat inap. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata pasien harus mendapatkan perawatan lebih lanjut semisal harus menjalani rawat inap.

"Maka puskesmas akan merekomendasikan untuk dilakukan perawatan lebih lanjut, Rujukan akan diberikan jika diagnosa harus membutuhkan rujukan lebih lanjut," Katanya, Rabu (27/1/16).

Dijelaskan juga  layanan di puskesmas  sudah memenuhi standart  Namun secara umum hampir sama dengan rumah sakit saat menangani pasien. Mulai obat-obatan dan penanganan medisnya.

"Puskesmas merupakan layanan dasar sedangkan rumah sakit merupakan layanan rujukan yang melayani kasus-kasus lanjutan dari pelayanan kesehatan dasar.  Jika ada layanan yang sama dan lebih dekat dengan tempat tinggal mengapa tidak," Terang Suhato.

Dari 24 puskesmas yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro yang mampu menangani rawat inap yakni puskesmas Baureno dan Sugihwaras mampu menampung masing-masing 14 pasien rawat inap. Puskesmas Tambakrejo,Temayang, Bubulan  dan kedungadem mampu menangani 10 pasien rawat inap. Sementara itu puskesmas di Kecamatan Kalitidu mampu menampung kurang lebih 22 pasien rawat inap dan puskesmas kecamatan Kanor mampu menampung 12 pasien. Puskemas Ngraho mampu melayani 9 pasien rawat inap, sedangkan untuk puskesmas Pungpungan dan Ngasem mampu menampung masing-masing 8 pasien.

Sedangkan untuk puskesmas yang memiliki daya tampung  6 tempat tidur atau pasien adalah puskesmas Margomulyo, Ngambon, balen, kedewan. Dua puskesmas yakni puskesmas Sekar dan Purwosari mampu merawat masing-masing 5 pasien rawat inap. Adapun puskesmas Gondang, Kesongo, Mejuwet,Bojonegoro  dan Sukosewu masing-masing mampu merawat 4 pasien dan puskesmas Kasiman mampu menampung 7 pasien rawat inap. (Wind)

Foto: Puskesmas Baureno

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .