Seluruh Warga Punya Hak Yang Sama dari Hasil Migas

Suara Bojonegoro     Sabtu, Januari 09, 2016    

Reporter: Nella Rachma

SuaraBojonegoro.com - Jalan untuk membuat Dana Abadi Migas (Minyak dan Gas) yang nantinya sebagai tabungan Bojonegoro untuk masa depan, hal tersebut membutuhkan kerjasama semua pihak tak hanya pemerintah akan tetapi legislatif dan masyarakat, Seperti yang disampaikan Bupati Bojonegoro Suyoto.

"Harus diingat bahwa seluruh warga Bojonegoro memiliki hak yang sama atas kekayaan sumber daya alam diperut bumi Bojonegoro," Jelas Kang Yoto (Panggilan Akrab Bupati Suyoto. red). 

Dituturkan pula oleh kang Yoto, bahwa untuk membuat dana abadi migas ini ada beberapa tahapan yang sudah dilalui antara lain pembahasan bersama para pakar dan kalangan akademisi.

"Yang terakhir adalah di bahas di Universitas Gajah Mada Jogjakarta," Tambahnya.

Kedepan dana abadi migas ini akan melibatkan semua komponen demikian pula dalam pengawasannya juga melibatkan pengawas internal, BPK dan BPKP tak hanya itu warga masyarakat juga terlibat yang dipercaya mengemban amanah sebagai wali amanah desa. 

Terkait hak dana abadi Migas ini, Tak hanya kita saat ini, anak cucu kita yang dapat menikmati, Bahkan bayi yang masih dalam kandungan dan yang belum lahirpun memiliki hak yang sama. 

"Jadi jika kita yang saat ini mendapatkan kesempatan dan kepercayaan mengelola kekayaan itu tidak bersikap bijaksana, maka pertaruhannya adalah masa depan Bojonegoro," Paparnya.

Pengelolaan keuangan migas ini harus dikelola secara tepat agar tak menimbulkan bencana dikemudian hari. Rasanya menyedihkan jika kita hanya bisa meninggalkan cerita tentang kekayaan dan prasasti tentang kejayaan saja, sedang nasib anak cucu sama sekali tak terpikirkan.

Oleh karenanya dirinya meminta doa restu agar gagasan dana abadi ini bisa berjalan baik. Semua bisa turut serta mengawasi pelaksanaan dana abadi ini. (Ney)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .