Serunya ABC Go To School 2016

Suara Bojonegoro     Minggu, Januari 24, 2016    

Oleh: Deviyanti Wahyu Izati
Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya

Menjadi awal tahun yang sibuk bagi mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang tergabung dalam  Airlangga Bojonegoro Community (ABC) setelah menempuh Ujian Akhir Semester Ganjil dalam perkuliahan. Program kerja ABC di awal tahun ini salah satunya yaitu mengadakan ABC Go To School (GTS) atau pengenalan tentang Universitas Airlangga di 32 SMA Sederajat yang ada di Kabupaten Bojonegoro yang telah dimulai sejak tanggal 15 Januari lalu. 

Kegiatan yang diketuai oleh Indra Nugraha ini menjadi kegiatan yang dinanti – nanti oleh pelajar SMA dan sederajat karena akan membantu mereka mengenal sedikit banyak tentang dunia perkuliahan.

ABC GTS ini akan berlangsung sampai tanggal 31 Januari 2016. “Banyak diantaranya manfaat dari ABC GTS ini, diantaranya bisa bertemu dengan kakak Mahasiswa yang bukan hanya cakep tetapi juga berpendidikan tinggi. Bisa mengetahui bagaimana sih Mahasiswa yang sesungguhnya, keadaan perkuliahan, pergaulan sampai tips dan trik biaya kehidupan mandiri seperti kost, makan, minum, kerja dan lainnya dari mahasiswa langsung. Yang selanjutnya untuk memberi semangat berkuliah, memberi informasi bagaimana alur tentang info SBMPTN, SNMPTN, Mandiri bahkan tetang info beasiswa yang ada selama di perguruan tinggi.” Ujar Indra.

GTS tahun ini banyak point plus yang membuat kegiatan ini berjalan lancar diantaranya:
pertama, semua panitia GTS yang jelas, kerja nyata, dan berdikasi.

Kedua, antusias ABC 2015 yang luar biasa semangatnya untuk ikut serta menyukseskan ABC GTS ini tidak tergantung jarak rumah tinggal yang jauh maupun waktu liburan mereka yang tersita untuk menginspirasi para siswa SMA.

Ketiga, Keadaan intern yang mendukung dari direktorat Kemahasiswaan UNAIR maupun ABC sendiri, jadi kelebihan tahun ini ABC GTS terlegalisasi oleh direktur Kemahasiswaan dan Rektor karena acara GTS ini adalah salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.

Fasilitas dari Rektorat jadi mudah mendapatkannya, seperti Brosure S1 dan Vokasi, Poster UNAIR, dan berbagai macam merchandise UNAIR.

Tahun ini BEM UNAIR juga ikut membantu dalam hal acara ABC GTS yang baru dirilis pada Desember 2015 dengan sebutan “UNAIR SAPA NEGERI”.

BEM UNAIR mengumpulkan seluruh Organisasi Mahasiswa Daerah untuk menselaraskan acara yang serupa ABC GTS. Adapun UNAIR SAPA NEGERI ini bukan hanya di Jawa Timur, tetapi juga di Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, NTT, dan Bali.

Liburan semester ganjil bagi mahasiswa Airlangga Bojonegoro Community ini memang sangat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan positif dan juga sebagai cara untuk lebih meningkatkan kekompakkan antara anggota ABC lainnya, sesuai dengan jargon ABC 2015 yaitu Bersahabat, Bermanfaat, Matoh Pol!

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .