Tentara Bubulan Asapi Pemukiman Warga, Cegah DBD

Suara Bojonegoro     Selasa, Januari 05, 2016    

Reporter: Amir Fatah

SuaraBojonegoro.com - Upaya pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0813-19/Bubulan, Serka Rifa 'i, bersama petugas kesehatan lakukan Pengasapan (Fogging) di Desa binaanya, yaitu Dukuh Tulakan Desa Sumberbendo, Bubulan, Bojonegoro, Selasa (05/01/2016).  

Pengasapan (Fogging) dimasa musim penghujan dengan intensitas tinggi ini, ntuk membasmi dan mencegah jentik-jentik nyamuk seperti malaria, demam berdarah, dan cikungunya, karena pada saat musim penghujan cuaca lembab, sehingga perkembangbiakan nyamuk begitu cepat. 

"Pengasapan ini, sebagai langkah awal dan suatu tindakan preventif untuk mencegah terjangkitnya Demam Berdarah Dengue (DBD)" terang Serka Rifa'i.

Lebih lanjut disampaikan, nyamuk dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi manusia, hal yang paling penting dilakukan adalah dengan melakukan 3M, yaitu Menguras, Menutup dan Mengubur barang-barang bekas pakai. Selain itu juga, diperlukan kesadaran tinggi dari warga masyarakat dalam berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya menyingkirkan genangan air, memantau dan membersihkan selokan (Parit) serta membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu, Dr. Ratih Dinas Kesehatan juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Babinsa yang telah membantu, mengarahkan, dan ikut mensosialisasikan secara langsung kepada masyarakat agar lingkunganya menjadi bersih dan lebih sehat.

"Walaupun belum adanya laporan dari warga yang terkena penyakit disebabkan oleh nyamuk, karena melihat intensitas curah hujan yang cukup tinggi kami selaku Dinas Kesehatan berinisiatif untuk melakukan fogging, guna mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk" pungkasnya menambahkan. (Mir)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .