26 Hektar Tanaman Padi Siap Panen di Baureno Terendam Banjir

Suara Bojonegoro     Senin, Februari 08, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Luapan air sungai Begawan Solo yang masuk ke wilayah persawahan menenggalamkan sedikitnya 26 Hektar Di Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Bojonegoro terendam banjir dari luapan sungao begawan Solo, tanaman padi siap panen saat ini terendam air mulai pukul 10.00 WIB siang tadi, Senin (8/2/16).

Kepala pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bemcana Daerah) Bojonegoro, Andik Sudjarwo, mengatakan bahwa tanaman padi yang menguning dan siap di semai ini bisa mengalami gagal panen dengan Taksiran kerugian sementara senilai Rp. 690 juta.

"Sebagian petani di Kecamatan Baureno banyak yang melakukan panen dini padinya, misalnya di Desa Kauman, Karangdayu, Pomahan dan beberapa desa di Kecamatan Baureno dan Kanor. Itu dilakukan untuk menghindari kerugian yang cukup banyak," Terang Andi Sudjarwo.

Dijelaskan juga bahwa Potensi naiknya debit air sungai masih akan terjadi hingga nanti malam, apalagi jika ditambah kiriman air dari sejumlah anak sungai di Bojonegoro dan Tuban pasti akan terus bertambah.

Meski air sungai sudah meluber, namun hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan tentang permukiman warga yang terendam. "Baru menerima laporan adanya lahan persawahan yang terendam," tuturnya.

Samapai saat ini, dilaporkan Tinggi Muka Air (TMA) Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro terus meningkat. Air terus naik dari tiap menitnya. Bahkan, saat ini ketinggian air hampir menyentuh siaga dua atau pada titik 13.45 peilschal pada pukul 12.00 WIB, Senin (8/2/16).

Beberapa wilayah di bantaran sungai terpanjang di pulau jawa itu sudah mulai tergenang, diantaranya kelurahan Ledok kulon, Kecamatan/Kota Bojonegoro, Desa Pilang Kecamatan Kanor serta Desa Kalisari Kecamatan Baureno.

Andik menghimbau agar masyarakat mulai waspada jika sewaktu-waktu air menggenangi perkampungan warga. Selain itu, seluruh kepala desa beserta camat di wilayah bantaran Sungai Bengawan Solo diminta proaktif memberikan informasi terhadap perkembangan ketinggian air. (Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .