600 Hektar Tanaman Padi Di Baureno Terendam Banjir, Warga Panen Paksa

Suara Bojonegoro     Rabu, Februari 10, 2016    

Kontributor: Amir Fatah

Suarabojonegoro.com - Usia tanaman padi yang mencapai sekitar 80 hingga 90 hari di Desa Karangdayu dan Desa Kadungrejo, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, masih terendam banjir hingga saat ini, dan warga pemilik lahan yang tanaman padinya siap panen mulai melakukan panen paksa sejak kemarin.

Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com total tanaman padi yang terendam mencapai sekitar 600 Hektar, untuk Desa Karandayu mencapai 230 hektar dan di Desa Kadungrejo mencapai 370 hektar.

Meski para petani merugi, dengan melakukan panen paksa, akan tetapi cara inilah yang dilakukan warga agar tidak merugi terlalu banyak jika tanaman padi mereka yang siap panen dibiarkan di sawah, apalagi warga juga cemas akan banjir susulan.

"Terpaksa kita panen, kalau tidak dipanen bulir padinya bisa rusak dan akan hitam biji berasnya jika terus terendam air," Kata salah satu warga, Supari (40), Rabu, (10/2/16).

Dengan kondisi demikian, warga berharap ada kebijakan dari pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk bisa membantu kesulitan warga tersebut dan mengatasi persoalan tanaman padi yang rusak akibat banjir yang berasal dari luapan sungai Bengawan Solo.

Meski tren turun, namun warga sangat cemas jika terjadi adanya banjir susulan yang dapat menenggelamkan tanaman padi milik mereka kembali, karena tidak semua tanaman padi belum dilakukan panen paksa. (Mir/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .