ADD Bojonegoro Mulai Cair 25 %

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 02, 2016    

Reporter: Sulistya Windya

suarabojonegoro.com - Tahap pertama ini 25 % Alokasi Dana Desa (ADD) untuk desa diseluruh wilayah Kabupaten Bojonegoro akan mulai didistribusikan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, Msi saat membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi Pembangunan Desa, Selasa (2/2) pagi tadi di Pendopo Malowopati Kantor Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seluruh perangkat desa, Kepala Desa dan BPD yang akan mengelola ADD.

Bupati mengingatkan bahwa harus diikuti dengan tata kelola keuangan yang baik. Jangan sampai besarnya anggaran keuangan ini tidak diikuti oleh tata kelola administrasi yang baik.

Selain tata kelola Bupati mengingatkan tentang dana abadi migas yang akan di alokasikan salah satunya untuk anak-anak usia sekolah khususnya dijenjang SMA sederajat. Sehingga seluruh anak –anak usia sekolah ini jangan sampai ada yang tidak bersekolah .

"Desa harus mengakomodir semua anak-anak tersebut jangan sampai ada yang tercecer. Semua anak sekolah jenjang SMA harus mendapatkan DAK bidang pendidikan ini," Kata Kang Yoto.

Hal ketiga yang diingatkan Bupati adalah tentang Upah Umum Perdesaan (UUP), sebagai stimulan untuk menggerakkan sektor investasi dan pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

Menurut Bupati, UUP sebesar 1.005.000 rupiah nantinya akan diberlakukan selama 5 tahun. Khusus untuk wilayah Gayam dan Tambakrejo, dimana kegiatan eksplorasi akan dimulai bulan februari ini utamanya untuk tenaga kasar diprioritaskan adalah pekerja di wilayah sekitar. 

"Oleh karenanya, jangan sampai ada perangkat desa yang menjadi makelar tenaga kerja. Harus diutamakan adalah pekerja merupakan warga lokal disekitar eksplorasi," Pesan Kang Yoto. (Win)

Foto Ilustrasi: beritasatu.com

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .