BLH Siap Surati Kementrian Untuk Tinjau Izin Amdal JOB P-PEJ

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 02, 2016    

Reporter: Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro siap mengirim surat yang ditujukan kepada Kementrian Lingkungan Hidup agar meninjau kembali izin adendum analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) yang dimiliki Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) untuk Lapangan Sukowati Pad A di Desa Campurejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Selasa (2/2/16)

Hal tersebut mengingat diawal tahun 2016 ini sudah ada dua kejadian bau busuk yang muncul akibat kegiatan flaring di Pad A bahkan terakhir kemarin (1/2) 14 warga Sambiroto harus dilarikan ke rumah sakit karena telah menghirup udara yang tercemar Hydrogen Sulfida (H2S).

"Kemarin pihak kami ke lokasi membawa alat deteksi dan hasilnya udara terdeteksi H2S berjumlah 1 ppm (part of gas million parts of air)," kata Kepala Bidang Pengkajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro, Heri Susanto.

Menurutnya sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Jawa Timur nomor 10 tahun 2009 tentang baku mutu udara ambien dan emisi sumber tidak bergerak di Jawa Timur bahwa untuk udara layak hirup kandungan H2S tidak harus melebihi 0,03 ppm (part of gas million parts of air).

"Karena kejadian ini bukan yang pertama kalinya dan sudah berulang kali, selanjutnya kami akan mengirim surat ke Kementrian Lingkungan Hidup untuk meninjau kembali izin Amdal yang dimiliki operator," tandasnya. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .