BPBD Jatim Bahas Mekanisme Sungram Siaga Kekeringan

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 23, 2016    

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur hari ini (Selasa, 23/02/2016) menggelar pelatihan assesment penanganan kekeringan di Jawa Timur se Bakorwil Bojonegoro di kantor Bakorwil Bojonegoro Jalan Pahlawan Bojonegoro. Dihadiri oleh BPBD se Bakorwil Bojonegoro, serta Dinkes dan PDAM, pelatihan itu membahas mengenai mekanisme penganggaran siaga bencana.

Kasubag penyusunan program BPBD Jawa Timur Bambang Munarto mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pemetaan kebutuhan menjelang bencana kekeringan di tahun 2017 mendatang, terutama dalam bidang penganggaran pengurangan kekeringan di wilayah Jatim.

"Misalnya kebutuhan pipa, sumur bor dan sejenisnya yang memang dibutuhkan untuk mengatasi kekeringan," katanya.

Bembang memaparkan, nantinya akan digunakan metode sharing anggaran antara Pemerintahan Kabupaten dan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Hal itu ditujukan guna mengakomodir kebutuhan saat menghadapi bencana kekeringan, tentunya dengan perencanaan yang matang.

"Contoh sharing anggaran yang akan diterapkan adalah bila Pemkab menyiapkan anggaran Rp 10 sampai 20 juta, maka Pemprov akan siapkan Rp 40 sampai 50 juta," tandasnya. (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .