Catatan Pagi: TULIS ESSAYMU, GALI POTENSI NEGERIMU!

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 02, 2016    

Oleh : Deviyanti Wahyu Izati

Pada tanggal 31 Januari 2016 kemarin, mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC) mengadakan lomba essay yang bertema “Mengoptimalkan Potensi Bojonegoro sebagai Lumbung Pangan dan Energi Negeri yang Berdaya Saing di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” bertempat di Pendopo Bojonegoro.

Kegiatan yang dikomandani Sofyan Shaury ini diikuti oleh siswa – siswi SMA sederajat yang membentuk tim dengan jumlah 2 orang.

“Acara ini bernama “4th call for essay and inspirational talkshow” merupakan event yang diselenggarakan Departemen Keilmuan Airlangga Bojonegoro Community yang mana acara ini beda dengan penyelenggaraan acara sebelumnya yang hanya melakukan penyeleksian essay secara on-line dan mengumumkannya di try out SBMPTN, untuk tahun ini acara ini diselenggarakan dengan rangkaian peserta essay siswa - siswi SMA Sederajat yang nantinya akan mengirimkan essay dan diseleksi oleh juri.

Setelah dinyatakan lolos baru peserta melakukan technical meeting setelah itu pada waktu hari H tanggal 31 januari 2016 mereka mempresentasikan karyanya di depan dewan juri, setelah acara call for essay dilanjutkan dengan inspirational talkshow.

"Oleh sebab itu persiapan yang dilakukan panitia sangat banyak H-3 mulai dari bulan November 2015 samapi Januari 2016 supaya acara ini berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala” Ujar Sofyan.

Kriteria penilaian dari essay ini adalah sesuai panduan dalam penulisannya serta idenya orisinil bukan plagiarisme, belum pernah mengikuti lomba sebelumnya serta ide dapat diterapkan di Bojonegoro.

Jadi, besar harapan agar bisa menggali potensi yang ada di Bojonegoro. Dari dewan juri sendiri dalam menilai essay yang dipilih yang paling baik diantara terbaik untuk prosentase penilaiannya penulisan essay lebih tinggi daripada presentasi saat berlangsungnya acara “4th call for essay ABC and inspirational talkshow”.

Lomba essay ini dimenangkan oleh tim dari MA Abu Darrin Bojonegoro, Isti R. dan Ais Lu’lu’atul. Juara kedua tim dari SMAN 1 Bojonegoro, Oktavia Putri dan Anida Amirilia. Dan juara ketiga tim dari SMAN 2 Bojonegoro, Rama S. dan Vindya P.S. 

“Kami bangga bisa berpartisipasi dalam acara ini dan membawa nama sekolah juga, dengan adanya acara ini secara tidak langsung membuat kami mencari tahu tentang potensi yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro. Dan juga bisa kenal kakak ABC yg seru dan punya kenalan dari peserta lain. Kalau jadi juara itu alhamdulilah, berkat kerja sama sama partner dan juga doa.” Ujar Oktavia Putri bersama rekannya Anida Amirilia

Andy, sebagai ketua ABC mengatakan tahun ini acara Call for Essay cukup menarik dan lebih segar dengan tema terkait. “Acara Call for Essay tahun ini cukup menarik karena disertai dengan Inspirational Talkshow, dengan pemilihan tema yang up to date sehingga relevan dengan keadaan saat ini," Terang Andy.

Dia juga menegaskan bahwa Ide-ide yang dituangkan juga menarik dan sangat segar, menggambarkan jiwa muda teman-teman Sma/Smk sederajat se Bojonegoro. Sehingga selain dapat melatih menulis bagi siswa SMA Sederajat, kompetisi ini juga melatih jiwa kepedulian dan sense of belonging terhadap Bojonegoro. (**/Dev)

Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakata Universitas Airlangga Surabaya

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .