Dampak Molor, Penyelesaian TKD Gayam Mulai Dari Awal

Suara Bojonegoro     Rabu, Februari 10, 2016    

Reporter: Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Sampai bulan kedua di tahun 2016 permasalahan tukar guling Tanah Kas Desa (TKD) Gayam Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang digunakan untuk pengembangan lapangan Banyuurip Blok Cepu belum terselesaikan padahal target penyelesaian adalah diakhir tahun 2015. Rabu (10/2/16)

Hal tersebut membuat Pemkab Bojonegoro bersama SKK Migas, EMCL, Pemkab Bojonegoro dan BPN Bojonegoro menggelar pertemuan untuk percepatan penyelesaian TKD Gayam yang tidak lagi menggunakan Permendagri no 4 tahun 2007 dan dikembalikan pada UU No 2 tahun 2012 untuk penyelesaiannya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala BPN Kabupaten Bojonegoro, Ganang Anindito bahwa untuk penyelesaian tukar guling tanah kas desa Gayam saat ini menggunakan UU No 2 tahun 2012 yang mengatur tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

"Saat ini BPN masih menunggu penetapan lokasi baru BPN melaksanakan pengadaan," kata Ganang.

Menurutnya, proses penyelesaian TKD Gayam ini dilakukan dari awal kembali karena menggunakan aturan yang baru yaitu mulai dari penetapan lokasi, penetapan harga appraisal, sampai pemberian ganti rugi sesuai harga appraisal.

"Ini bukan aturan baru karena sudah mulai tahun 2012, Pertamina EP Cepu melakukan pembebasan lahan untuk proyek Jamabaran Tiung Biru (J-TB) juga menggunakan UU 02 tahun 2012," tambahnya. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .