Dewan Minta SKK Migas Dan Menteri ESDM Evaluasi JOB P-PEJ

Suara Bojonegoro     Rabu, Februari 03, 2016    

Reporter: Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro akan segera menyurati Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) untuk meminta agar melakukan evaluasi kinerja Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) dalam pengelolaan Lapangan Sukowati. Selasa (2/2/16)

"Bagaimana tidak dievaluasi, di awal tahun 2016 ini sudah ada dua kejadian kebocoran gas yang menimpa masyarakat sekitar daerah operasi ," kata wakil ketua komisi A DPRD Bojonegoro, Anam Warsito.

Menurutnya, baru diawal tahun 2016 belum kejadian tahun-tahun sebelumnya yang tentunya juga sudah ada korban yang harus dilarikan ke rumah sakit," mengapa kesalahan yang sama terjadi berulang-kali. Kinerja mereka harus dievaluasi," katanya.

Mengingat banyaknya masalah yang ditimbulkan operator Lapangan Sukowati sampai harus membuat resah, ketidak nyamanan serta mengancam kesehatan masyarakat pihaknya pada tanggal 9 Februari akan memanggil pihak operator dan masyarakat sekitar daerah operasi yang terdampak.

"Ini baru masalah kebocoran gas, belum masalah lain yang tentunya perlu diselesaikan bersaman" tambahnya.

Seperti yang diketahui, kemarin (1/2) 14 masyarakat Desa Sambiroto Kecamatan Kapas harus dilarikan ke rumah sakit akibat menghirup H2S dari kegiatan flaring di Pad A dan hari ini dua masyarakat salah satunya balita juga harus "klenger" akibat bau busuk yang kembali muncul dari Pad A, selain itu ratusan warga Sambiroto lain juga mengalami pusing mual muntah dan mendapat perawatan dirumah masing-masing. Sebelumnya warga RT/RW 01/01 Desa Ngampel Kecamatan Kapas Bojonegoro Efri Fitrianingsih (25) juga sempat dilarikan di rumah sakit terdekat akibat mencium bau tidak sedap dari kegiatan flaring PAD A namun puluhan warga lainnya hanya mengalami mual dan pusing biasa sehingga hanya ditangani oleh tim medis dari JOB P-PEJ. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .