Diklatsar, Bentuk Pramuka Penegak Berwawasan Kebangsaan & Berkarakter

Suara Bojonegoro     Sabtu, Februari 20, 2016    

suarabojonegoro.com - Sebanyak 280 anggota Pramuka Penegak dari SMK Negeri 1 Dander mendapat pendidikan dan pelatihan Dasar (Diklatsar) serta pendalaman Krida Saka Wira Kartika, oleh Kodim 0813 Bojonegoro, Jum 'at (19/02).

Diklatsar Pembentukan Karakter dan Wawasan Kebangsaan tersebut, bertujuan untuk membentuk sikap, perilaku disiplin dan membangun kreativitas, agar para generasi muda menjadi cerdik dan cerdas.

"Diharapkan dengan pelatihan ini, peserta memiliki wawasan nusantara dan jiwa nasionalisme yang tinggi, sehingga  membentuk karakter dan wawasan generasi Indonesia kedepannya" ujar Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Kav Donova Pri Pamungkas.

Menurut Dandim 0813 Bojonegoro, bahwa Kodim adalah Satuan Komando kewilayahan, dan pelatihan ini merupakan tanggung jawab Satuanya sebagai salah satu Pembinaan Teritorial (Binter) dalam membina kaum muda.

“Dengan diperlakukanya pembiasaan manajemen waktu, maka akan membuat kita sadar betapa waktu yang diberikan kepada kita ini jarang terealisasi dengan baik dan kita banyak menyia-nyiakan waktu, sehingga hidup kita menjadi tidak produktif" terangnya.

Terlepas dari hal itu, pelatihan seperti ini hendaknya diikuti oleh pemuda khususnya dikalangan pelajar, agar lebih mengenal semangat patriotisme dan nasionalisme terhadap tanah air, sehingga bisa menginspirasi dirinya sendiri, kemudian dapat menularkannya kepada teman-temannya.

Adapun untuk materi kelas berupa pendalaman tentang Krida-Krida Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navigasi Darat (Navrad), Krida Pioneering, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA).
Tantangan Bangsa dan Negara kedepan tidak akan semakin ringan, Kompleksitas dan dimensi permasalahan akan terus meningkat seiring dengan perubahan waktu. Pergeseran paradigma ancaman mengalami perubahan dan semakin kompleks mencakup segala aspek bidang kehidupan.

"Ditengah meningkatnya semangat Individualitas serta memudarnya persatuan dan kesatuan bangsa, para peserta agar bisa menjadi pelopor bagi warga dan masyarakat di sekitarnya dalam meningkatkan semangat bela Negara, Upaya untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, Bangsa dan Negara" pungkasnya seraya mengharapkan. (Tries/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .