Dua Juta per Siswa, Humas Sebut Disalurkan Lewat Sekolah

Suara Bojonegoro     Senin, Februari 22, 2016    

Reporter: Rabani. P

suarabojonegoro.com - Dalam bulan ini pemerintah akan mencairkan dana pendidikan sebesar Rp 2 juta untuk setiap pelajar setingkat SLTA. "Dana tersebut nantinya akan diberikan dalam bentuk voucher yang diberilan kepada sekolah, dan tabungan," ujar Heri Kristanto, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, melaui rilisnya (Senin, 22/02/2016).

Menurutnya, bupati berharap agar program tersebut dapat berdampak terhadap berkurangnya jumlah anak putus sekolah di Bojonegoro.

Sebelumnya, pihak Dinas Pendidikan Bojonegoro menyebut bahwa jumlah penerima program tersebut adalah sebanyak 49.445 pelajar. "Semua siswa tingkat SMA baik miskin, kaya, yang sekolah di Bojonegoro maupun di luar Bojonegoro mendapat bantuan ini. Yang penting mereka asli Bojonegoro," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Bojonegoro, Puji Widodo.

Jumlah anggaran yang digelontor mencapai Rp 98.680.000.000 bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan yang dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bojonegoro.

Menurut Widodo teknis penyaluran bantuan ini dilakukan melalui rekening masing-masing pelajar. Bantuan tersebut akan disalurkan dalam dua tahap yakni untuk semester pertama sebesar Rp 1 juta, dan sisanya disalurkan pada semester II.
"Sekarang ini masing-masing siswa sudah mulai membuka rekening," ucap Widodo.

Dari setiap pencairan bantuan, Rp500 ribu digunakan untuk kebutuhan pribadi siswa yakni membeli seragam, sepatu, buku, dan kebutuhan sekolah lainnya. Sedangkan Rp500 diserahkan kepada sekolah untuk biaya sekolah seperti pembayaran SPP, LKS dan lain sebagainya. (Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .