Festival Negeri, Dimulai dari Kawasan Sekar Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Minggu, Februari 28, 2016    

Reporter: Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Dalam waktu dekat, di Bojonegoro bakal dilangsungkan sebuah festival budaya, kegiatan yang dirancang bertajuk Festival Negeri tersebut sedang disiapkan oleh sejumlah orang yang mempunyai kepedulian terhadap kebudayaan di Bojonegoro. Adalah Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro, yang secara intens telah melakukan komunikasi dengan beberapa pemerintah desa, yakni desa-desa yang dianggap mempunyai potensi budaya.

"Ada di wilayah Sekar, Temayang dan beberapa desa di bagian barat Bojonegoro," jelas Wahyu Subakdiono, selaku Demang dari Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro (Minggu, 28/02/2016).

Menurutnya, beberapa poin yang menjadi takarannya adalah mengenai adanya tempat berkumpul, makanan khas serta kesenian rakyat yang ada hubungannya dengan keberadaan desa yang bersangkutan. "Tapi tak kalah penting adalah mengenai otoritas pemdes setempat, termasuk faktor kemauan. Karena yang kami harapkan, nantinya dapat berkelanjutan dan mengangkat taraf hidup masyarakat melalui uri-uri budayanya," tambahnya.

Pihak Kelompok Kerja Kebudayaan Bojonegoro sendiri mengaku bahwa telah melakukan jelajah budaya guna menginventarisir dan menakar potensi budaya yang ada di sejumlah desa. Salah satunya di kawasan Kecamatan Sekar dengan berbagai temuan kebudayaan lokalnya yang menurut mereka telah sesuai dengan kriteria.

"Berdasarkan cerita rakyat mengenai sejarahnya, di Sekar banyak sekali yang bisa diangkat," tambah Agus Sighro Budiono, salah satu Bekel dari Pokjabud Bojonegoro. Menurutnya, hal serupa juga telah diinventarisir dari desa-desa lainnya, mulai dari permainan anak, hingga aspek mitologinya.

"Dalam waktu dekat, berdasarkan inisiatif bersama pemdes, akan digelar Festival Negeri Atas Angin. Rencananya awal bulan Mei mendatang," tambahnya. (Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .