Goyangkan Lidah & Kenyangkan Perut Dengan Sedapnya Mie Kopyok Purwodadi

Suara Bojonegoro     Minggu, Februari 28, 2016    

Reporter: Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Varian berbeda dari kuliner berbahan dasar mie yang satu ini juga layak bagi penggemar makanan rakyat. Mie Kopyok, demikian nama masakan khas Jawa Tengah ini tertulis di sebuah banner yang dipajang mencolok oleh pemilik warungnya. Warung yang terbilang baru didirikan itu berada di jalan raya yang menghubungkan Desa Pacul Bojonegoro dan Bangilan Kecamatan Kapas, tak jauh ke arah selatan Tempat Penimbunan Kayu (TPK).
Hanya ada dua menu yang ditawarkan, yakni Nasi Goreng dan tentunya Mie Kopyok, yang disitu adalah dalam versi Purwodadi. Dari nama daerah asalnya saja, bisa ditebak cita rasa dominannya adalah manis.  Setidaknya itu diperkuat dengan penampilan daging ayam yang dipajang pada etalase kaca bagian depan warung tersebut.
Tak lama menunggu seporsi Mie Kopyok, hanya sekitar 15 menit, satu piring Mie dengan penampilan yang agak tak biasa bagi warga Bojonegoro telah tersaji di hadapan. Toping dari Mie Kopyok adalah kerupuk, atau lebih tepat bila disebut dengan kripik puli, taburan kacang tanah goreng menghiasi, terbayang rasa gurih yang bakal membuat lidah bergoyang.
Disebut Mie Kopyok karena bahan dasar utamanya terdiri dari mie telor, kol (gubis) dan taoge (kecambah) yang masih hijau lalu dicampur atau dalam bahasa jawanya dikopyok. Sementara untuk menemani taburan kacang gorengnya, irisan daun seledri dan tentunya irisan daging ayam kecap menambah kaya rasa Mie Kopyok ini.
Mie Kopyok adalah masakan berkuah, yang kuahnya diisi dengan lemak daging sapi. Rasa sedap kuahnya menambah sensasi keunikan rasa Mie Kopyok ini. Kecap, sambal dan cuka dapat dijadikan sebagai pelengkap yang disediakan terpisah oleh penjualnya. Seporsi Mie Kopyok cukup untuk membuat perut kenyang, setara dengan sepiring nasi.
Harga yang dipatok untuk seporsi Mie Kopyok ini terbilang wajar, bahkan relatif murah bila dibandingkan dengan rasa sedap dan ukuran porsinya. Yakni hanya seharga Rp 8.000, sudah termasuk segelas es teh yang segar. (red/Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .