JOB P-PEJ Sering Diingatkan Untuk Tinggikan Flare

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 02, 2016    

Reporter: Nella Rachma
Suarabojonegoro.com - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro sudah pernah mengingatkan kepada operator Lapangan Sukowati Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) agar meninggikan tiang flare yang ada di Pad A yang ada di Desa Campurrejo Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro. Selasa (2/2/16)

"Perlu peninjauan kembali Amdal apakah ketinggian tiang flare sudah tepat, namun pihak kami sudah menyarankan untuk meninggikan tiang," kata Kepala Bidang Pengkajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro, Heri Susanto.

Menurutnya, pihaknya juga belum tahu pasti apakah kejadian bau busuk yang mengandung H2S terhirup warga Sambiroto kemarn (1/2) adalah kurang tingginya tiang flare atau tidak yang jelas disekitar lokasi flaring pohon penghijauan kurang sehingga kurang bisa menangkap udara yang muncul akibat flaring dan akibatnya langsung terhirup oleh masyarakat sekitar.

"Kemarin saat kami mendekat ke pintu belakang lokasi Pad A memang ada kegiatan pembersihan saat itu," katanya.

Seperti yang diketahui sampai saat ini operator JOB P-PPEJ juga belum memiliki buffer zone atau zona aman dilingkungan industri yang harus dan wajib dimiliki oleh daerah operasi sebagai batas terlarang kegiatan, namun saat ini untuk mendesain perlu tidaknya buffer zone diwilayah Lapangan Sukowati Pad A pihak operator perlu ada kajian teknis, SHE untuk menilai apakah urgensinya diprioritaskan atau tidak mengingat Pad A hanya mengutak-utik kembali sumur lama dan tidak ada kegiatan baru. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .