JOB-PPEJ Diancam Akan Di Pidanakan Oleh Komisi D

Suara Bojonegoro     Kamis, Februari 04, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Komisi D DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Propinsi Jawa Timur, mengancam JOB PPEJ (Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java) akan dipidanaka jika terbukti kegiatan Flaring yang ada di Pad A Lapangan Sukowati , Dusun Ploso Lanang, Desa Campurrejo, Kecamatan/Kota Bojonegoro, tidak sesuai Standart Operasioan Prosedur (SOP), yang berdampak dengan Bau Gas H2S dan membuat warga merasakan Dampak. 

Anggota Komisi D, DPRD Propinsi Jatim Khozanah Hidayatullah, bahwa adanya gas H2S yang dihirup warga beberapa kali oleh 9 RT di Di Desa Sambiroto, dan menyebabkan belasan warga harus masuk Rumah Sakit, dan warga lainnya mual dan pusing.

"Harus dilakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya bau gas yang berdampak bagi masyarakat, oleh pihak terkait, dan jika tidal sesuai SOP maka JOB PPEJ dapat dituntut di muka pengadilan," Kata Khozanah, Kamis (4/2/16). 

Ditegaskan oleh Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa dari Bumi Wali Tuban ini, bahwa JOB-PPEJ harusnya mempunyai catatan Resiko yang akan terjadi, dan harus menjadi pertimbangan sebelum Flaring, dan jika memang ada kelalian maka JOB-PPEJ dapat di tuntut.

"Bau Gas H2S (Hydrogen Sulfida) yang di nyatakan oleh BLH Bojonegoro yang menyebabkan warga mual dan pusing, memang sangat berbahaya, dan memiliki ambang batas lebih yaitu 1 PPM (Part Of Gas Milion Parts Of Air. Red)," Terang Khozanah. 

Pihak Komisi D DPRD Propinsi Jatim juga akan memanggil pihak Manajemen JOB-PPEJ terkait adanya bau gas yang menyengat dan menyebabkan belasan warga dan balita harus di rawat di rumah sakit, akibat Flaring dari Pad JOB-PPEJ.

Kejadian bau busuk ini secara berturut turut terjadi dan berkali kali dalam beberapa hari sehingga, warga mulai merasakan keresahan setelah BLH Bojonegoro juga menyatakan bahwa kandunga H2S sangat berbahaya dan dapat melumpuhkan Saraf. (Ang)

Foto: Bocah 4 tahun yang terkena dampak bau busuk akibat kegiat di Pad A milik JOB-PPEJ

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .