Kades Kecewa Simulasi Bencana Tidak Diterapkan Saat Bencana

Suara Bojonegoro     Selasa, Februari 02, 2016    

Reporter: Nella Rachna

Suarabojonegoro.com - Seperti yang diketahui operator minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Sukowati Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) setiap tahunnya rutin menggelar simulasi bencana agar tanggap dalam penanggulanangan bencana sewaktu-waktu terjadi seperti salah satunya bencana kebocoran gas H2S yang melibatkan masyarakat sekitar daerah operasi meliputi Desa Campurejo Kecamatan Kota Bojonegoro, Desa Ngampel dan Desa Sambiroto Kecamatan Kapas Bojonegoro. Selasa (2/2/16)

Namun saat kebocoran gas H2S akibat kegiatan flaring di PAD A kemarin (1/2) sampai mengakibatkan 14 orang dilarikan kerumah sakit ternyata simulasi tersebut belum sepenuhnya diterapkan dalam bencana sesungguhnya, "hal kecil kemarin saat warga kumpul di balai desa dari siang sampai sore dan akhirnya meluruk lokasi PAD A pihak operator tidak memperdulikan masyarakat. Air minum saja tidak dikasih padahal masyarakat seharusnya menunggu lama butuh air minum," kata kepala Desa Sambiroto Kecamatan Kapas, Bojonegoro, Jawa Timur, Sudjono.

Kades mengatakan jika sudah seharusnya saat kegiatan flaring dilakukan semua sudah disiapkan oleh operator baik petugas medis yang siaga atau kebutuhan lainnya saat masyarakat membutuhkan jika terjadi bencana.

"Saat simulasi saja ada anggarannya masak saat bencana yang sesungguhnya tidak ada," tambahnya.

Djono juga menegaskan jika pihaknya akan menunggu jawaban pihak operator yang saat ini meminta waktu dua hari untuk bertemu kembali dengan warga terdampak sehingga bisa mencari jalan keluar.

"Kalau dua hari masih tidak ada tanggapan, warga bisa mengancam menghentikan perpanjangan sewa tanah untuk pipa milik JOB P-PEJ yang memang masa sewa sudah habis," tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Senin (1/2) akibat kegiatan flaring PAD A yang mengeluarkan bau busuk membuat 14 masyarakat Desa Sambiroto Kecamatan Kapas Bojonegoro dilarikan ke rumah sakit terdekat. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .