Kunker Dinilai Sering Kurang Efektif, Bupati Terbitkan SE

Suara Bojonegoro     Senin, Februari 22, 2016    

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Bupati Bojonegoro Suyoto mengirim Surat Edaran kepada Kadin, Kaban, Kakan, Kabag Setda Kabupaten Bojonegoro, Sekretaris DPRD, Inspektur, Direktur RSUD dan Camat se Kabupaten Bojonegoro dalam hal efektivitas dan efisiensi pelaksanaan anggaran tahun 2016. Senin 22/02/2016.

Surat bernomor 700/0502/201.412/2016 tersebut berisi mengenai efektivitas dan efisiensi pelaksanaan anggaran tahun 2016 sesuai Perbup Bojonegoro nomor 36 tahun 2015 tentang Standar Biaya Umum di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro tahun 2016 pasal 15 yang menyebut bahwa penganggaran belanja perjalanan dinas dilakukan secara selektif dan dibatasi frekuensi serta jumlah harinya sesuai kepentingan kedinasan dan kemampuan anggaran.

Disebutkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah mengenai jumlah wakil dinas yang diperbolehkan hadir guna memenuhi undangan, yakni maksimal dua orang dengan memperhatikan bidang tugasnya. Hal lain adalah kewajiban menyebutkan nama, NIP dan jabatan pengguna biaya dalam  penerbitan Surat Perintah Tugas (SPT).

Sementara itu dalam rangka koordinasi dengan pihak eksternal, dapat dilakukan jika telah melakukan koordinasi internal dengan pihak terkait dilingkungan Pemkab bojonegoro yaitu Asisten yang berkaitan dengan pelaksanaan bidang tugas dan fungsi SKPD,  BPKKD dan Bappeda terkait dengan penganggaran dan perencanaan, serta koordinasi dengan inspektorat terkait dengan pelaksanaan anggaran pelaporan dan pengawasan.

"Kunker sering kali tidak efektif dan pejabat yang ditemui tidak kompeten, saat ini tidak diperbolehkan seperti itu. Pejabat yang ditemui harus kompeten itupun diperbolehkan jika internal Pemkab sudah tidak bisa mengatasi dan perlu konsultasi," kata Bupati Bojonegoro Suyoto.

Pria yang sering disapa Kang Yoto ini juga tidak menginginkan semangat kunjungan kerja untuk berkonsultasi hanyalah untuk pendapatkan SPPD (surat perintah perjalanan dinas). (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .