Nego Jumlah Uang Ganti Rugi Berlangsung Alot, warga Tidak Mau Ganti Rugi Rp. 300 Juta

Suara Bojonegoro     Jumat, Februari 05, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Pertemuan, antara Perwakilan Warga, dengan Pihak Manajemen JOB-PPEJ (Joint Operating Body-Pertamina Petrochina East Java) yang juga didampingi oleh Wakapolres Bojonegoro Kompol Ikhwabudin, Perangkat Desa dan Kepala Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Bojonegoro serta Perwakilan dari SKK Migas Jabanusa Ali Masyhar.

Dalam pertemuan tersebut sempat membuahkan hasil yaitu pengajuan Ganti rugi dari dampak dari kegiatan operasi Ekplorasi Minyak dan Gas di lapangan Sukowati, milik JOB PPEJ, awalnya warga menuntut ganti rugi uang senilai Rp. 1.2 miliar  namun ditawar turun, dan pihak Pemdes Menawarkan Rp. 750 juta dan di ditawar oleh manajemen JOB-PPEJ sebesar Rp. 200 Juta, dan Pemdes dan perwakilan warga menurunkan kembali menjadi Rp. 500 juta, namun masih ditawar oleh pihak JOB-PPEJ menjadi Rp. 250 juta, hingga akhirnya  diturunkan kembali menjadi Rp.400 juta dan itupun masih di tawar oleh JOB-PPEJ senilai Rp. 300 juta.

Dari penawaran warga ini langsung di tolak oleh warga dan mereka tidak mau jika nilai ganti rugi hanya Rp. 300 juta untuk di bagi pada 619 Kepala Keluarga di RT 7 sampai dengan RT 12.

"Saya wakil Panjenengan, ini saya sampaikan saya tak naik ke atas dulu untuk diskusi lagi, dan Pokoknya malam ini harus selesai dan saya tidak ingin masalah ini berlarut larut," ungkap Sudjono, Kepala Desa Sambiroto, Jum'at (5/2/16) malam.

Kades mengaku juga sudah berupaya, dan sampai saat ini berita di turunkan masih terjadi perdebatan antara perwakilan warga dengan pihak JOB PPEJ yang di dampingi Wakapolres Bojonegoro, Wakil Ketua DPRD Sukur Priyanto, serta dari Kepala SKK MIGAS Jabanusa Ali Masyhar.

Namun warga tetap tidak mau dengan nominal Rp. 300 juta untuk ganti rugi adanya dampak dari flaring di Pad A yang menimbulkan bau menyengat dan membuat warga mual, pusing dan muntah serta ada belasan yang harus menjalani perawatan di Rumah Sakit beberapa hari lalu. (Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .