Pelatihan Tangguh Banjir, Saat Musim Banjir

Suara Bojonegoro     Kamis, Februari 25, 2016    

Sebanyak 70 orang turut serta mengikuti Pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, di Desa Sumbangtimun, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (25/02/2016).
Pelatihan dalam rangka Program Masyarakat Tangguh Bencana Banjir, dihadiri oleh Sekertaris PMI Bojonegoro, Sukohadi Widodo, Babinsa, Koptu Pitono, Babinkamtibmas, dengan tujuan untuk membangun kesiapsiagaan antisipasi pengurangan dampak bencana.
“Pelatihan ini memprioritaskan masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) bengawan Solo, hal tersebut dilakukan karena daerah tersebut rawan dengan bencana. Sehingga diperlukan upaya penyiapan tanggap darurat terhadap bencana” ujar Sukohadi Widodo.
Dia menambahkan, bahwa adanya relawan dan tenaga yang telatih semakin dibutuhkan, untuk aksi kemanusiaan dengan tujuan akhirnya adalah meminimalisir dampak bencana yang terjadi.

“Masyarakat yang hidup ditengah kerawanan bencana tentunya perlu bertindak bijak, salah satunya adalah dengan memberikan solusi inovatif dalam pengurangan resiko bencana, agar masyarakat dapat meningkatkan ketahanan mereka, sehingga menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana” pungkasnya. (Tris/Ang)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .