Pembebasan Lahan Pemasangan Pipa Gas Di Blongsong, Warga Dapat Rp 350 Ribu/Meter

Suara Bojonegoro     Rabu, Februari 10, 2016    

Kontributor: Amir Fatah

Suarabojonegoro.com - Pemasangan pipa besar untuk aliran gas oleh kontraktor PT Wika anak perusahaan Pertamina dan Gas (Pertagas), dari Gresik menuju Semarang, yang dipasang melalui jalur Bojonegoro, dan diawali dari Baureno, dengan pelaksana proyek oleh PT Wika, masuk pada wilayah Desa Blongsong, Kecamatan Baureno, Bojonegoro.

Dari data yang dikumpulkan kontributor suarabojonegoro.com di lapangan, bahwa pemasangan pipa ini ada yang menggunakan tanah warga, dan sebelumnya dilakukan pembebasan tanah milik warga, Desa Blongsong Yang tanahnya di gunakan sebagai proyek pemasangan pipa Gas dengan harga Rp 350 ribu permeter.

Disampaikan oleh Kasun Desa Blongsong, Sunarno (50) bahwa proyek pemasangan pipa gas ini ada yang menggunakan tanah warga, "Dari permeter Rp. 350 ribu ini tanah akan di gunakan pipa selama 25 tahun, adapun pembayarannya dikirim ke rekening warga yang tanahnya terpakai," kata Sunarno, Rabu (10/2/16).

Sementara untuk kontribusi ke pihak Pemerintahan Desa Blongsong, Kasun Sunarno tidak mengetahui kontribusi tersebut, "Kita tidak tahu berapa besar kontribusi atau Kompensasi ke Desa terkait adanya proyek tersebut," tambahnya.

Proyek pemasangan pipa gas oleh PT Pertagas ini sebelumnya sempat diprotes warga karena merusak jalan Desa, dan warga merasa terganggu akibat pipa yang ditanam di dalam tanah karena satu jalan yang dilalui pipa belum di perbaiki, satu jalan lainnya juga di keruk, sehingga membuat warga merasa terganggu.

Sementara Kepala Desa Blongsong, Suwarji, ketika di hubungi kontributor suarabojonegoro.com mengatakan bahwa pihak pelaksana proyek memberikan jaminan uang Rp 20 juta, untuk perbaikan jalan dari kerusakan akibat proyek tersebut, "apabila kerusakan jalan diperbaiki maka jaminan akan dikembalikan," kata Suwarji.

Sementara itu ada beberapa Kecamatan di Bojonegoro diantaranya kecamatan Baureno, Sumberrejo, Balen, Kapas Bojonegoro, Dander, Purwosari, Kalitidu, dan Padangan yang akan di lalui oleh pipa Gas yang nnatinya untuk disalurkan pada gas rumah tangga dan mendapatkan subsidi dari gas tersebut sebanyak 4 ribu Kepala Keluaraga, dari program pemerintah pusat dari tahun 2009 hingga 2020. (Mir/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .