Pengidap Aids Tinggi, Wabub Ingatkan Waspadai Penyebarannya

Suara Bojonegoro     Rabu, Februari 17, 2016    

Reporter: Sulistya Windya

suarabojonegoro.com - Pencegahan dan penanggulangan menjadi hal penting dalam upaya mengurangi angka penderita HIV AIDS di Bojonegoro. Karena masih banyak yang tidak memahami tentang penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, selain itu kebanyakan penderita cenderung menutup diri . Hal ini seperti yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro, Drs. H. Setyo Hartono,MM saat membuka Rapat Koordinasi Perencanaan Pokja Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/2/16) kemarin di Ruang Pertemuan Gedung PKK.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan bahwa dari tahun ke tahun jumlah penderita HIV AIDS di Bojonegoro menunjukkan peningkatan yang signifikan jika tahun 2015 lalu penderita HIV AIDS yang tercatat sejumlah 186 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Diakui Wabup bahwa lintas sektoral yang tergabung dalam pokja sudah berupaya maksimal mendata dan menangani mereka yang terindikasi maupun positif menderita HIV AIDS namun, kebanyakan penderita justru menutup diri. Karena kebanyakan malu diketahui jika dirinya menderita penyakit ini.

"Belum lagi stigma yang berkembang dimasyarakat yang masih memandang negatif," jelas Setyo Hartono.

Wabup menyatakan bahwa kendala utama penanganan penyebaran HIV AiDS adalah faktor ekonomi, Sehingga KPA diharapkan mencari formula yang tepat mulai dari melakukan inventarisir, melakukan pemetaan dan memprioritaskan penanganan bagi mereka penderita penyakit ini.

Oleh karenanya hal penting yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan yang melibatkan keluarga dan warga disekitar.

"Kebanyakan masyarakat kita masih terbatas pengetahuan dalam penyakit ini," Punvkas Ketua DPC Partai Gerindra ini. (Wind/Red/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .