PKL Bingung, Setelah Diperingatkan Untuk Pindah

Suara Bojonegoro     Minggu, Februari 28, 2016    

Reporter: Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Sebuah unit mobil patroli dari kepolisian yang dilengkapi pengeras suara, berkeliling di sejumlah jalan protokol yang ada di kawasan kota Bojonegoro, Jawa Timur. Melalui pengeras suara, petugas mensosialisasikan program tertib lalu lintas, yang dilakukan kemarin, hingga sampai saat ini masih dibingungkan para PKL, Minggu (28/2/16).
Program yang disebut dengan 7 kawasan percontohan tertib berlalu lintas itu, mulai efektif diberlakukan mulai Tanggal 1 hingga 27 Maret 2016 mendatang. Yakni membuat kawasan-kawasan yang ditentukan menjadi zero pelanggaran, termasuk penggunaan badan jalan.
Salah satu dari 7 kawasan tersebut adalah di Jalan Diponegoro, yang dalam kesempatan tersebut aparat kepolisian mengingatkan pada pemilik kendaraan yang masih parkir di badan jalan berambu larangan. Tak terkecuali para Pedagang Kaki Lima yang selama ini memanfaatkan badan jalan dan trototar.
Menurut para PKL dan pemilik kendaraan, sebelumnya mereka memang telah mendapat sosialisasi non formal. “Tapi belum pernah ada surat, jadi belum paham benar maksudnya. Yang pernah adalah diajak ngobrol oleh petugas saat mereka ngopi disini,” ujar salah satu PKL di kawasan Diponegoro.
Meski mengaku belum sepenuhnya paham, namun beberapa PKL mengaku mulai bersiap untuk menutup tempatnya mencari sesuap nasi. Bahkan seorang penjual buah, memutuskan untuk pindah lokasi. “Tapi kami belum tahu pasti, 7 kawasan iti dimana saja,” terangnya. (Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .