Puting Beliung, Rumah Warga Tertimpa Pohon, Polisi Evakuasi Puluhan Pohon Tumbang

Suara Bojonegoro     Sabtu, Februari 27, 2016    

Reporter: Sasmito Anggoro

TUBAN (suarabojonegoro.com) - Akibat Hujan deras disertai angin puting beliung semalam Kamis malam Jum'at (25/2/2016) menyebabkan empat rumah milik warga di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban mengalami kerusakan parah diterpa angin puting beliung serta tertimpa pohon tumbang akibat terjangan kuat angin puting beliung.

Adapun rumah atau bangunan yang rusak dan roboh dan ada yang tertimpa pohon tumbang diantaranya adalah Warung milik Budiono warga dusun Gembong Rt.02/04 Desa Ngandong Kecamatan Grabagan, dengan tafsir kerugian Rp. 5.000.000,- , Dapur/kandang milik Sugio warga Dusun Gembong Rt. 04/04 Desa Ngandong Kecamatan Grabagan, dengan tafsir kerugian Rp. 5.000.000,- , selanjutnya Dapur/emperan milik Kandek, alamat Dusun Secang Rt. 07/02 Desa Ngandong Kecamatan Grabagan yang Tertimpa pohon kedondong tumbang, Tafsir kerugian Rp. 3.000.000,- , dan Emperan rumah milik Barkah, warga Dusun Secang Rt. 07/02 Desa Ngandong Kecamatan Grabagan, yang juga tertimpa pohon lamtoro tumbang, tafsir kerugian Rp. 500.000,-. 

Adanya kejadian tersebut Polsek Grabagan Langsung bergerak dan langsung melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang yang menimpa rumah warga, “Kami bersama-sama rekan TNI dan warga sekitar membersihkan puing-puing reruntuhan dan membantu perbaikan rumah yang roboh”, Kata Kapolsek Grabagan AKP Ali Kanapi. 

Sementara itu puluhan pohon tumbang juga terjadi di wilayah Kecamatan Plumoang, Tuban, Dari data yang dihimpun suarabojonegoro.com dari dikumpulkan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) Polres Tuban, sebanyak 21 pohon tumbang di wilayah kecamatan Plumpang malam kemarin.

"Ada di tiga desa terdapat pohon tumbang yaitu Desa Penidon, Magersari dan Jatimulyo, dan langsung di evakuasi Polsek Plumpang," Kata Kasubbag Humas Polres Tuban AKP Elis Suendayati.

Dijelaskan pula bahwa pohon tumbang di wilayah Kecamatan Plumpang ini tidak ada korban jiwa, namun sempat menganggu arus lalu lintas di wilayah tersebut, sehingga anggota Polsek beserta Satuan Lalu Lintas Polres Tuban dengan menggunakan mesin shainsaw langsung memotong dan menyikirkan pohon dari jalan. (Ang)


Foto: tribatratuban

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .