Raperda Siap Disahkan, Pemkab Segera Gelar 18 Pilkades Serentak

Suara Bojonegoro     Sabtu, Februari 27, 2016    

Reporter: Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Setelah disahkannya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pemilihan, pencalonan, pengangkatan, pelantikan, pemberhentian dan pengangkatan pejabat desa pada akhir 2015 lalu, puluhan jabatan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bojonegoro yang mengalami kekosongan masih harus menunggu tahapan lainnya.

Kekosongan itu disebabksn karena belum terlaksananya pemilihan kepala desa karena Raperda Struktur Oganisasi Tata Kerja (SOTK) masih belum disahkan dan perlu pembahasan lebih lanjut sambil menunggu peraturan diatasnya yaitu Permendagri.

"Begitu Permendagri no 84 tahun 2016 tentang SOTK pemerintahan diterbitkan, kami langsung melanjutkan pembahasan Raperda SOTK yang sempat tertunda dan hasilnya sudah final dan siap disahkan," kata anggota pansus 4 , Mochlasin Afan (Sabtu 27/02/2016)

Menurutnya, jadwal pelaksanaan pengesahan raperda adalah minggu depan, hari Selasa tanggal 2 Maret. Sehingga setelah disahkannya raperda tersebut, maka pelaksanaan pemilihan kepala desa bisa segera digelar secara serentak.

"Saat pembahasan ada poin yang paling krusial, namun pihak eksekutif dan legislatif sudah menemukan persepsi yang sama," tambahnya.

Poin krusial yang sempat menjadi perdebatan panjang adalah terkait besaran organisasi desa, karena didalam Permendagri no 84 tahun 2016 pasal 31, hanya mengatur berdasarkan perkembangan desa.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto mengatakan, jika untuk saat ini ada sebanyak 18 jabatan kepala desa di Bojonegoro yang mengalami kekosongan dan akan segera melakukan pemilihan kepala desa serentak setelah adanya payung hukum yang akan dipakai dalam pelaksaan pilkades.(Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .