Sebentar Lagi Puncak Produksi Minyak Bojonegoro, 165 Ribu Barrel Per Hari

Suara Bojonegoro     Sabtu, Februari 27, 2016    

Reporter: Rabbani. P

suarabojonegoro.com - Pihak SKK Migas menyatakan bahwa produksi puncak Blok Cepu harus terealisasi dalam Bulan April 2016 mendatang, yakni sebesar 165ribu barrel per hari. Sementara itu, pihak Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) selaku operatori migas di Lapangan Banyuurip, Blok Cepu menyatakan harapan yang serupa.

“Produksinya terus kami tingkatkan,” kata Rexy Mawardi selaku juru bicara dan humas EMCL. Saat ini, produksi minyak di Blok Cepu telah mencapai di kisaran 150ribu barrel tiap harinya, yang berarti hanya terpaut 15ribu barrel per day, ia menjelaskan bahwa nantinya jumlah produksi saat 165ribu barrel, dapat bertahan hingga 3-4 tahun.

Jumlah produksi minyak di Bojonegoro merupakan salah satu faktot penting bagi pemerintah dalam menyusun anggarannya. Baik itu pemerintah pusat dalam APBN, hingga pemerintah daerah dalam APBD nya, termasuk Bojonegoro. Dijelaskan, faktor lain yang juga berpengaruh adalah situasi ekonomi dunia, dalam hal ini adalah harga minyak dunia.

Pada saat pertama kali era industrialisasi migas di Bojonegoro, situasi ekonomi dunia dinilai cukup menjanjikan, namun dalam perkembangannya harga minyak dunia malah merosot hingga 50% dari yang diperkirakan. Menyinggung soal rencana Pemkab dengan program Dana Abadi Migas, Rexy hanya mengatakan bahwa itu merupakan kewenangan Kementrian Keuangan.

“Itu regulasi dan kewenangannya ada di Kemenkeu,” ujar mantan wartawan sebuah radio ini. Pihaknya juga menggambarkan, agar seluruh potensi penghasilan dari sektor migas ini dapat meninggalkan jejak yang berdampak positif untuk Bojonegoro, terutama saat migas di Bojonegoro telah habis.

Salah satu contoh kawasan yang habis minyaknya adalah di Dubai, yang saat ini menjadi sebuah kota impian berkat pengelolaan penghasilan dari migas. Pembangunan sektor wisata telah merubah Dubai menjadi sebuah kawasan tujuan dunia, yang secara ekonomis mampu berdiri tegak. (rab/esp)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .