Terjadi Sengketa Tanah, Kapolsek Minta BPN Dibubarkan

Suara Bojonegoro     Senin, Februari 15, 2016    

Reporter: Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Bojonegoro melakukan kunjungan lapangan di Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro untuk meninjau langsung lokasi tanah gono gini (tanah tidak bertuan) yang dimanfaatkan oleh pihak pemerintahan desa (pemdes) untuk lapangan futsal dan polindes namun saat ini diklaim oleh salah seorang warga bernama Bajuri. Senin (15/2/16)

Berdasarkan keterangan kepala desa setempat, Muhamad Gufron jika beberapa hari lalu tanah yang digunakan lapangan futsal oleh masyarakat tersebut diberi patok batas namun masyarakat melakukan kerja bakti dengan membersihkan patok sehingga Bajuri melaporkan masyarakat sekaligus desa kepada polsek setempat atas dasar pengerusakan dan Polsek memasang police line di area lapangan futsal.

Kepala desa juga menerangkan jika awalnya Bajuri mengajukan sertifikat tanah seluas 550 meter persegi namun kenyataan di lapangan tanah milik Bajuri seluas 720 meter persegi namun ternyata setelah sertifikat dari badan pertanahan nasional (BPN) keluar seluas 720 meter persegi Bajuri kembali menguasai tanah seluas 2950 meter persegi yang saat ini digunakan desa untuk lapangan futsal dan polindes.

Sementara itu, saat anggota dewan meninjau tanah lokasi sengketa didampingi pihak pemerintahan desa, camat dan disaksikan warga Kapolsek setempat datang dan menyatakan jika pihaknya melakukan police line di tanah tersebut atas dasar sertifikat dari BPN yang menyatakan jika tanah milik Bajuri, "bubarkan saja BPN, kami melakukan atas dasar sertifikat dari BPN. Ini perintah Kapolres," kata Kapolsek Trucuk, AKP Sareng.

Pantauan di lapangan, lokasi tanah yang di police line oleh pihak kepolisian adalah tanah diluar luas 720 meter persegi yang dimiliki oleh saudara Bajuri sehingga tanah tersebut adalah sah tanah Goverment Grond (GG) yang dimanfaatkan oleh pihak desa untuk kegiatan masyarakat. (Nell/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .