UN Tak Jadi Penentu Mutlak Kelulusan, Try Out Masih Diminati

Suara Bojonegoro     Minggu, Februari 28, 2016    

Oleh : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Pada tahun ajaran 2016-2017 ini, Ujian Nasional (UN) tak lagi menjadi penentu kelulusan, hal itu membuat paradigma kebutuhan penyelenggaraan uji coba (try out) sedikit bergeser. Yakni dari sebagai bekal agar nilai UN bagus  menjadi sebagai ajang mengukur kemampuan, baik dari sekolah ataupun dari para pelajar itu sendiri.

Setidaknya hal itu diakui oleh peserta try out yang digelar di Kampus Universitas Bojonegoro (Unigoro) hari ini (Minggu, 28/02/2016).  “Saya ingin menguji seberapa besar kemampuan saya dalam menghadapi materi Unas kedepan," kata Eri Yusiana, siswi dari SMA PGRI Ngambon Bojonegoro.

Eri Yusiana yang berhasil menjadi dua terbaik dalam try out kali itu, tetap menganggap try out sebagai sarana yang efektif. Sementara itu, selaku Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro, Arif Januarso s.sos.M.si juga membenarkan hal itu, terbukti try out tersebut mampu menarik minat sekitar 300 pelajar dari Bojonegoro dan Tuban.

Hal senada juga disampaikan oleh pengajar di SMK Negeri 2 Bojonegoro. "Juga berguna bagi sekolah untuk mengukur keberhasilan kegiatan belajar mengajar selama ini," tutur Agus; yang juga mengatakan bahwa kegiatan serupa juga digelar di tempatnya mengajar.

Ia menambahkan, dengan ukuran yang di dapat, pihak sekolah ataupun pelajar yang bersangkutan dapat memutuskan di bagian mana yang masih perlu diasah lagi. (**/Rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .