2 Tetes Vaksin Cegah Polio

Suara Bojonegoro     Selasa, Maret 15, 2016    

suarabojonegoro.com -  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bojonegoro, Dra. Hj. Mahfudhoh Suyoto Msi, Selasa (15/3) pagi tadi melakukan pemantauan langsung pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) hari terakhir di Kabupaten Bojonegoro. Tampak turut serta mendampingi pemantauan PIN Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, dr. Sunhadi dan dua kabid di Dinas Kesehatan yakni dr Hernowo dan Kun Sucahyono.

Pemantauan pelaksanaan PIN di Kabupaten Bojonegoro ini diawali melihat langsung pelaksanaan PIN di Puskesmas Campurejo, kemudian berlanjut di Pos PIN di Kelurahan Mojokampung, kemudian Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro juga memantau PIN di Pos PIN Desa Sukorejo tepatnya Gang Modin Desa Sukorejo. Selanjutnya adalah melihat pemantauan pelaksanaan PIN di Kelurahan Ledokwetan Kecamatan Bojonegoro. Hampir sebagian besar wilayah di Bojonegoro utamanya di beberapa kecamatan pada hari ini juga melaksanaan PIN diwilayah masing-masing.

Dalam kesempatan ini Ketua TP PKK Kabupaten Bojonegoro, Dra. Hj. Mahfudhoh Suyoto juga berkenan memberikan dua tetes vaksin polio kepada balita yang sudah antri untuk mendapatkan vaksin polio ini. Kebanyakan anak-anak yang mengikut PIN polio tampak antusias bahkan jarang yang menangis, jikapun ada hanya satu dua anak saja yang menangis lainnya tampak gembira. Vaksin polio ini diberikan secara diteteskan sebanyak dua tetes kepada masing-masing balita. PIN jika selama ini identik diikuti balita dan kaum ibu nyatanya banyak pula kaum bapak yang mengantarkan buah hati mereka untuk mendapatkan vaksin . Dalam pesannya, Bu Yoto menyampaikan pentingnya imunisasi polio ini bagi anak karena mencegah penyebaran dan tertulasnya penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan dan cacat ini. Disinilah peran orang tua mutlak diperlukan agar imunisasi ini bisa diberikan kepada seluruh anak balita. Selain itu Ketua TP PKK juga menekankan perlunya ada kesadaran dari semua pihak baik orang tua maupun para kader untuk tak henti hentinya menyampaikan informasi dan mengajak seluruh keluarga yang memiliki balita untuk mengikuti PIN polio.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Dr. Sunhadi menyampaikan bahwa sampai tanggal 14 kemarin capaian PIN diseluruh Bojonegoro sudah menyentuh angka 86,05 persen. Dijelaskan jumlah sasaran dari proyeksi yang ditargetkan mencapai 85.168 balita dan jumlah sasaran polio, berdasarkan pendataan sejumlah 85.487 balita  yang berusia 0  sampai dengan 59 bulan sampai dengan tanggal 14 kemarin sudah sudah tercapai 73.284 . Ditambahkan sampai dengan hari terakhir nantinya target direncanakan terpenuhi 95 persen. Sementara itu untuk mengatasi adanya balita yang belum mendapatkan vaksin sampai akhir PIN , pihaknya selama tiga hari kedepan yakni tanggal 16,17 dan 18 Maret akan melakukan penyisiran. Penyisiran ini, tegas Kepala Dinas Kesehatan, untuk memastiakn semua balita sudah mendapatkan dua tetes imunisasi polio. Biasanya banyak orang tua yang tidak sempat membawa anak nya ke pos PIN atau ada balita yang merupakan pendatang atau penduduk tidak tetap dari wilayah lain. 3 hari masa penyisiran nanti pihaknya akan melakukan door to door memastikan tidak ada yang terlewat tidak mendapatkan vaksin ini. (Riliz Humas Pemkab Bojonegoro)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .