Aprisindo Jatim Pelajari Iklim Investasi di Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Rabu, Maret 23, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Puluhan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jawa Timur siang tadi (Rabu, 23/03/2016) mendatangi rumah dinas Bupati Bojonegoro. Dipimpin Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Sidoarjo mereka bermaksud membicarakan wacana investasi pembangunan pabrik sepatu di kota ledre.

Ali Mas'ud, selaku ketua Kadin Sidoarjo mengatakan, kedatangannya bersama rombongan adalah untuk melihat lebih dekat dan lebih jauh peluang investasi yang nantinya dapat membuka lapangan kerja.

Sementara itu, Rani pemilik usaha sepatu PT Golden, yang selama ini memiliki pangsa pasar di Amerika dan Eropa, mempertanyakan mengenai kemungkinan pembangunan jalan tol ke Surabaya yang dibutuhkan guna mempercepat pendistribusian.

Selain itu, ia juga ingin tahu mengenai tata cara pembebasan lahan yang nantinya akan digunakan pabrik. Hal itu ditanggapi oleh Bupati Bojonegoro, yang mengatakan bahwa pihaknya belum ada niatan membangun jalan tol menuju Surabaya. Namun dijelaskan mengenai wacana pembangunan jalan tol sepanjang 70 kilometer menuju Tuban yang secara prinsip telah disetujui Bupati Tuban.

"Saya fikir menggunakan kereta api sangat efektif mengingat saat ini sudah ada jalur ganda," tambah pria yang sering disapa Kang Yoto.

Sedangkan untuk masalah pembebasan lahan, pihak Pemkab Bojonegoro juga telah menyiapkan pendampingan saat para investor harus bertemu petani yang akan menjual lahannya.

Pihak Asprisindo sendiri merasa tertarik dengan adanya upah pedesaan umum pedesaan (UUP) sebesar Rp 1.005.000 per bulan yang diterapkan Kabupaten bojonegoro. Karena hal itu dinilai menguntungkan perusahaan dan menguntungkan masyarakat pedesaan. (Ney/rab)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .